Penulis Utama : Raihan Rafif Alhakim
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : I0517066
Tahun : 2022
Judul : Prarancangan Pabrik Asam Nitrat dari Sodium Nitrat dan Asam Sulfat Kapasitas 50.000 Ton/Tahun
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Teknik - 2022
Kolasi :
Sumber :
Subyek : -
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Asam nitrat merupakan salah satu produk penting yang banyak digunakan di industri Indonesia, seperti bahan baku pembuatan peledak, pemurnian logam, dan bahan baku pembuatan pupuk campuran. Pendirian pabrik asam nitrat bertujuan untuk memenuhi kebutuhan dalam negeri dan selebihnya diekspor. Pabrik asam nitrat ini dirancang dengan kapasitas 50.000 ton/tahun dan beroperasi selama 330 hari/tahun. Satu kg produk asam nitrat membutuhkan 1,978 kg sodium nitrat dan 1,874 kg asam sulfat serta menghasilkan produk samping sebanyak 2,531 kg berupa niter cake yang terdiri dari campuran sodium bisulfat, asam sulfat, sodium nitrat, air dan 0,320 kg limbah yang terdiri dari limbah cair asam nitrat dan air serta limbah gas sisa asam nitrat, uap air, nitrogen dikosida, dan oksigen. Pabrik berencana didirikan di Kawasan Industri Kabupaten Gresik, Jawa Timur.

Tahapan proses produksi asam nitrat meliputi persiapan bahan baku, tahap reaksi, serta tahap pemisahan dan pemurnian produk. Reaksi pembentukan asam nitrat merupakan reaksi tunggal dimana asam sulfat dan sodium nitrat bereaksi menjadi asam nitrat dan sodium bisulfat. Ketika reaksi berlangsung, sebanyak 10-12% produk asam nitrat mengalami dekomposisi menjadi nitrogen dioksida, oksigen, dan uap air. Reaksi berlangsung di dalam reaktor semi batch pada fase padat-cair dengan suhu 150 oC dan tekanan 1 atm. Reaksi bersifat eksotermis dan berlangsung secara non adiabatis. Panas perlu ditambahkan ke dalam reaktor melalui jaket pemanas untuk menaikkan suhu reaksi hingga 150 oC. Hasil atas reaktor yang berupa campuran gas asam nitrat, uap air, nitrogen dioksida, dan oksigen didinginkan dan diembunkan dalam kondensor, kemudian dipisahkan uap dan cairannya. Hasil bawah reaktor yang berupa campuran sodium bisulfat, asam sulfat, sodium nitrat, dan air dalam bentuk padatan dialirkan menuju bak penampung untuk didinginkan, kemudian diumpankan menuju crusher untuk dihaluskan. Setelah dihaluskan, produk samping campuran sodium bisulfat, asam sulfat, sodium nitrat, dan air dalam bentuk padatan halus disimpan di dalam silo. Produk cair asam nitrat dan air yang telah terpisahkan kemudian dialirkan menuju tangki sementara untuk disimpan. Setelah produk cair asam nitrat dan air terkumpul selama 1 hari, produk cair asam nitrat dan air dialirkan menuju menara distilasi untuk dimurnikan. Hasil atas menara distilasi berupa produk asam nitrat dan air dengan konsentrasi 98% disimpan dalam tangki produk. Hasil bawah menara distilasi berupa sisa asam nitrat dan air yang tidak teruapkan dialirkan menuju Unit Pengolahan Limbah.

Unit pendukung proses ini terdiri dari unit pengadaan air, steam, udara tekan, tenaga listrik, bahan bakar, dan pengolahan limbah. Pabrik ini menggunakan air yang diambil dari sungai bengawan solo sebesar 39,318 m3/jam dan kebutuhan steam sebesar 6,437 m3/jam. Udara tekan yang harus disediakan sebesar 72,89 m3/jam. Listrik disuplai dari PLN dan saat pemadaman akan disuplai oleh generator dengan kebutuhan total listrik pabrik sebesar 235,981 kW.

Pabrik asam nitrat ini memiliki bentuk usaha Perseroan Terbatas (PT) dengan nama PT Nitrat Indo Raya. Sistem pembagian jam kerja karyawan dibagi dalam dua golongan, yaitu karyawan shift dan non shift dengan jumlah jam kerja 40 jam tiap minggu.

Hasil analisis profitabilitas non-discounted menunjukkan nilai PBP (Payback Period) selama 2,38 tahun, Cummulative Cash Ratio (CCR) sebesar 3,81, Cummulative Cash Position (CCP) sebesar Rp 1.093.498.553.233,69 dan Rate of Return on Investment (ROROI) sebesar 65,12%. Berdasarkan analisis profitabilitas discounted diperoleh nilai Discounted Payback Period (DPBP) selama 2,51 tahun, Present Value Ratio (PVR) sebesar 3,05, Net Present Value (NPV) sebesar Rp 457.711.903.975,66, dan Discounted Cash Flow Rate of Return (DCFROR) sebesar 53,70%. Pabrik ini memiliki evaluasi risiko dengan Break Even Point (BEP) sebesar 47,95?n Shut Down Point sebesar 30,98%. Dari hasil analisis ekonomi tersebut dapat disimpulkan bahwa pabrik ini layak didirikan.

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Naskah TA-PPK Fix (Raihan) Cover.pdf
Naskah TA-PPK Fix (Raihan)-BAB I.pdf
Naskah TA-PPK Fix (Raihan)-BAB II.pdf
Naskah TA-PPK Fix (Raihan)-BAB III.pdf
Naskah TA-PPK Fix (Raihan)-BAB IV.pdf
Naskah TA-PPK Fix (Raihan)-BAB V.pdf
Naskah TA-PPK Fix (Raihan)-BAB VI.pdf
Naskah TA-PPK Fix (Raihan)-Daftar Pustaka.pdf
Naskah TA-PPK Fix (Raihan)-Lampiran.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Y.C. Danarto, S.T., M.T.
2. Inayati, S.T., M.T., Ph.D
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Teknik