Penulis Utama : Sulistiyono
NIM / NIP : T861708004
×

Komponen keterampilan menjadi salah satu yang berperan penting, namun keterampilan saja tidak cukup, perilaku, karakter atlet menjadi komponen lain yang menentukan dan harus diperhatikan oleh seluruh pembina, pelatih sepakbola yang bertugas memberikan pelatihan pada atlet, terutama yang sedang berlatih pada usia muda.
Penelitian disertasi ini bertujuan untuk mengembangkan model latihan yang tepat dan efektif meningkatkan keterampilan dan karakter pada siswa sekolah sepakbola usia 9-12 tahun. Keterampilan teknik yang diharapkan dapat meningkat setelah menerapkan model latihan berbasis games experience learning keterampilan passing,  dribbling,  receiving,  dan  shooting.  sedangkan  karakter  yang  diharapkan dapat berubah menjadi lebih baik adalah karakter menghormati, kerjasama, dan disiplin.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan dari Borg
& Gall. Pelatih dan Siswa SSB yang menjadi anggota Askab PSSI Kabupaten Sleman menjadi subjek penelitian ini. Penelitian dilaksanakan dengan tahapan penelitian pendahuluan, pengembangan model, penilaian ahli, uji skala kecil, uji skala besar, dan uji efektifitas. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, penilaian ahli dengan teknik delphy, lembar pengamatan, dan tes keterampilan gerak. Data yang terkumpul direduksi, diverifikasi, dianalisis dan disimpulkan.
Berdasarkan analisis data yang terkumpul ditetapkan bahwa model latihan berbasis games experience learning layak digunakan oleh para pelatih sekolah sepakbola kelompok umur 10-12 tahun untuk meningkatkan keterampilan dan karakter. Model latihan berbasis games experience learning terdiri dari: (1) landasan teori, (2) tahapan kegiatan, (3) sistem sosial, (4) prinsip reaksi, (5) sistem pendukung, dan (6) dampak model.  Model latihan berbasis  games experience learning  dapat dinyatakan berpengaruh dan lebih efektif untuk meningkatkan keterampilan dan karakter dibandingkan model latihan yang konvensional berdasarkan hasil analisis data   dimana   kelompok   eksperimen   dengan   perlakuan   model   berbasis   games experience learning meningkat 4,20 poin untuk komponen skill dan 6,51 poin lebih tinggi   dibandingkan   kelompok   konvensional.   Model   latihan   berbasis   games experience  learning  dapat  dijadikan  pilihan  oleh  para  pelatih  sekolah  sepakbola dalam upaya meningkatkan kualitas  skill dan karakter siswa sekolah sepakbola, dan diharapkan pada masa yang akan datang mampu menghasilkan atlet sepakbola yang memiliki skill dan karakter hebat.

Kata kunci: keterampilan, karakter, latihan, games, dan sepakbola

×
Penulis Utama : Sulistiyono
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : T861708004
Tahun : 2021
Judul : Model Latihan Berbasis Games Experience Learning Untuk Mengembangkan Keterampilan dan Karakter pada Siswa Sekolah Sepakbola Kelompok Umur 9-12 Tahun (Studi Pengembangan pada Sekolah Sepakbola di Kabupaten Sleman)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2021
Program Studi : S-3 Ilmu Keolahragaan
Kolasi :
Sumber : UNS-Pascasarjana-T861708004
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Disertasi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Sugiyanto
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.