Penulis Utama : Muhammad Ghazy Robbany
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : G0017145
Tahun : 2021
Judul : Hubungan Lingkar Pinggang Dengan Tekanan Darah pada Anak Usia Sekolah di Panti Asuhan Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Kedokteran - 2021
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Kedokteran-G0017145
Subyek : -
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Latar Belakang: Obesitas merupakan akumulasi penumpukan lemak yang tidak normal dijaringan adiposa yang berpotensi dapat mengganggu kesehatan. Obesitas berkontribusi pada peningkatan resiko sindrom metabolik, dislipidemia, hipertensi, dan toleransi glukosa. Lingkar pinggang merupakan indikator penting untuk mendiagnosis obesitas sentral, karena akurat dan mempunyai teknik yang sederhana. Lingkar pinggang erat kaitannya dengan tekanan darah sistolik yang disesuaikan dengan usia, jenis kelamin, dan indeks massa tubuh. Hipertensi didefiniskan sebagai tekanan darah sistolik yang sama dengan atau diatas 140 mmHg dan tekanan darah diastolik yang sama dengan atau diatas 90 mmHg. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan lingkar pinggang dengan tekanan darah pada anak usia sekolah.
Metode: Penelitian ini merupakan penelitian observasional analitik dengan desain
cross sectional. Subjek penelitian sebanyak 73 responden anak usia 6-18 tahun dari Panti Asuhan Misi Nusantara dan Nur Hidayah Surakarta. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik consecutive sampling. Variabel bebas yaitu lingkar pinggang dan variabel terikat yaitu tekanan darah. Lingkar pinggang diukur menggunakan pita ukur dan tekanan darah diukur menggunakan Automatic Sphygmomanometer Blood Pressure Monitor. Data yang diperoleh kemudian diolah menggunakan SPSS versi 25.0 dan uji non-parametrik Mann Whitney.
Hasil: Dari 73 subjek yang memenuhi kriteria inklusi dan eksklusi yang terdiri dari 43 laki-laki dan 30 perempuan, didapatkan hasil sebanyak 34,2% anak mengalami obesitas dan 65,8% mengalami hipertensi. Dari uji analisis mann whitney didapatkan nilai signifikansi yaitu p=0 pada laki-laki dan p=0,147 pada perempuan serta nilai signifikansi secara keseluruhan yaitu p=0,001. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara nilai cutt offs lingkar pinggang dengan tekanan darah pada anak laki-laki dan tidak terdapat hubungan yang signifikan pada anak perempuan, serta terdapat hubungan yang signifikan antara nilai cutt offs lingkar pinggang dengan tekanan darah pada anak usia sekolah yaitu Asymp. Sig (2-tailed) <0>Simpulan: Terdapat hubungan yang signifikan antara nilai cutt offs lingkar pinggang dengan tekanan darah pada anak usia sekolah di panti asuhan Surakarta.

Kata Kunci: Lingkar Pinggang, Tekanan Darah, Obesitas, Anak Usia Sekolah

 

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Judul.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
BAB VI.pdf
Daftar Pustaka.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Annang Giri Moelyo, dr., Sp.A(K)., M.Kes
2. Husnia Auliyatul Umma, dr., Sp.A,M.Kes
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Kedokteran