Penulis Utama : Aufa Nur Afifah
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : H0817018
Tahun : 2021
Judul : Analisis Ketahanan Pangan Berdasarkan Proporsi Pengeluaran Pangan dan Konsumsi Energi Rumah Tangga Petani Wortel di Kecamatan Tawangmangu Kabupaten Karanganyar
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Pertanian - 2021
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Pertanian-H0817018
Subyek : -
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Ketahanan pangan merupakan kondisi dimana kebutuhan pangan tercukupi yang tercermin dari dua indikator yaitu tingkat konsumsi energi dan proporsi pengeluaran pangan rumah tangga. Pada tahun 2015 Kecamatan Tawangmangu mengalami defisit beras sehingga menyebabkan bertambahnya harga beras menjadi lebih mahal. Harga pangan yang lebih mahal menyebabkan terhambatnya akses pangan karena berpengaruh terhadap pengeluaran pangan rumah tangga petani wortel di Kecamatan Tawangmangu. Pendapatan petani wortel yang sangat bergantung pada hasil panen, musim dan cuaca yang tidak menentu, serta harga produksi yang fluktuatif berpengaruh terhadap pemenuhan gizi untuk menentukan ketahanan pangan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis besar proporsi pengeluaran pangan terhadap pengeluaran rumah tangga, konsumsi energi dan protein, dan kondisi ketahanan pangan pada rumah tangga petani wortel di Kecamatan Tawangmangu Kabupaten Karanganyar.
Metode dasar yang digunakan pada penelitian ini metode deskriptif dengan teknik penelitian survei. Metode penentuan lokasi secara purposive yaitu di Kecamatan Tawangmangu Kabupaten Karanganyar. Metode pengambilan sampel penelitian ini menggunakan teknik accidental sampling dengan jumlah responden sebanyak 40 rumah tangga petani. Jenis dan sumber data yang digunakan berasal dari data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data yang dilakukan melalui observasi, wawancara, dokumentasi, dan recall. Metode analisis data yang pada penelitian ini diantaranya analisis pendapatan dan pengeluaran rumah tangga, proporsi pengeluaran pangan terhadap pengeluaran total rumah tangga, konsumsi pangan rumah tangga, dan ketahanan pangan rumah tangga petani wortel.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa besar proporsi pengeluaran pangan terhadap pengeluaran rumah tangga petani wortel di Kecamatan Tawangmangu Kabupaten Karanganyar sebesar 44% atau Rp815.336,00 dari total pengeluaran sebesar Rp1.857.092,00 Konsumsi energi dan protein rumah tangga petani wortel di Kecamatan Tawangmangu Kabupaten Karanganyar rata-rata sebesar 1.718 kkal/orang/hari dan 56 gram/orang/hari, tingkat konsumsi energi dan protein secara berurutan yaitu 80?n 94%. Kondisi ketahanan pangan rumah tangga petani wortel di Kecamatan Tawangmangu Kabupaten Karanganyar yaitu sebanyak 52,2% atau 21 rumah tangga tahan pangan, 5% atau 2 rumah tangga rentan pangan, 40% atau 16 rumah tangga kurang pangan, dan 2,5% atau 1 rumah tangga rawan pangan. Perolehan pangan diluar pengeluaran memberikan pengaruh terhadap kondisi ketahanan responden yaitu rumah tangga sebaran rumah tangga dengan kondisi tahan pangan bertambah menjadi 62,5% atau 25 rumah tangga dan rumah tangga yang mengalami kurang pangan berkurang menjadi 30% atau 12 rumah tangga. Selain tahan pangan, kategori kurang pangan menjadi kategori kedua tertinggi dikarenakan konsumsi energi yang kurang, masih banyaknya sisa dari pendapatan berupa tabungan yang dapat dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan pangan sehingga TKE dapat meningkat dan rumah tangga menjadi tahan pangan. Perolehan pangan diluar pengeluaran dapat menjadi alternatif untuk meningkatkan TKE rumah tangga dengan cara menanam komoditas bahan makanan yang mengandung zat gizi tinggi. Ibu rumah tangga dapat berinovasi dengan mengolah hasil usahatani menjadi makanan siap saji dan menjual makanan tersebut sehingga ikut berkontribusi dalam peningkatan pendapatan rumah tangga. Tingkat pendidikan Ibu yang masih rendah dan konsentrasi pangan masih pada pemenuhan rasa lapar, diharapkan pemerintah terkait memberikan pendampingan mengenai ketahanan pangan kepada masyarakat terutama ibu rumah tangga sehingga dapat menambah informasi dan pengetahuan mengenai kecukupan gizi dan ketahanan pangan.

 

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Judul.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
Daftar Pustaka.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Ir. Sri Marwanti, M.S.
2. Ir. Agustono, M.Si.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Pertanian