Penulis Utama : Pulung Ardiyanto
NIM / NIP : K7116144
×

Pulung Ardiyanto. PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI PENGUKURAN SUDUT MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DI KELAS IV SDN BANDUNG TAHUN AJARAN 2020/2021. Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta. Januari 2022.

Tujuan penelitian ini yaitu: (1) Mendeskripsikan penerapan model Problem Bassed Learning (PBL)), (2) Meningkatakan hasil belajar Matematika materi Pengukuran Sudut melalui model Problem Bassed Learning (PBL), (3) Mendeskripsikan kendala dan solusi penerapan model Problem Bassed Learning (PBL).

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) kolaboratif yang dilaksanakan dalam tiga siklus. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV SDN Bandung tahun ajaran 2020/2021 yang berjumlah 18 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik nontes meliputi observasi, wawancara, dokumen, dan teknik tes. Validitas data menggunakan triangulasi teknik dan sumber. Teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) langkah-langkah penerapan model Problem Based Learning (PBL) dalam meningkatkan hasil belajar Matematika materi pengukuran sudut di kelas IV SDN Bandung tahun ajaran 2020/2021 yang tepat adalah sebagai berikut: (a) mengorientasi siswa pada masalah, (b) mengorganisasikan siswa untuk belajar, (c) membimbing siswa untuk melakukan penyelidikan individu maupun kelompok, (d) mengembangkan dan menyajikan hasil karya, (e) menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah. (2) penerapan model Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar Matematika materi pengukuran sudut di kelas IV SDN Bandung tahun ajaran 2020/2021 terbukti dengan hasil postes pada siklus I sebesar 88,89%, siklus II sebesar 88,89%, dan siklus III sebesar 91,67%. (3) kendala pada penelitian ini ada 3 yaitu: (a) masih didapati siswa yang masih kurang aktif ketika diskusi dan bekerjasama, (b) siswa masih belum serius dan kurang bekerjasama dengan baik ketika berkelompok, (c) siswa bertanya menggunakan bahasa daerah yang kurang sopan. Sedangkan solusi dari kendala tersebut yaitu: (a) guru lebih memberikan motivasi dan rangsangan supaya siswa lebih aktif dalam mengikuti pembelajaran, (b) guru mengawasi, membimbing, dan mengarahkan siswa dalam diskusi kelompok, (c) guru membimbing siswa untuk membiasakan berbicara menggunakan bahasa yang sopan, baik, dan benar. Kesimpulan penelitian ini adalah penerapan model Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar Matematika materi pengukuran sudut pada siswa kelas IV SDN Bandung tahun ajaran 2020/2021.

×
Penulis Utama : Pulung Ardiyanto
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7116144
Tahun : 2022
Judul : Peningkatan Hasil Belajar Matematika Materi Pengukuran Sudut melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) di Kelas IV SD N Bandung Tahun Ajaran 2020/2021
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2022
Program Studi : S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kolasi :
Sumber : -
Kata Kunci : PBL, Matematika, hasil belajar Matematika.
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Wahyudi, M. Pd
2. Dr. Suhartono, M. Pd
Penguji : 1. Dra. Tri Saptuti Susiani, M. Pd
2. Dra. Rokhmaniyah, M. Pd
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.