Penulis Utama : Rida Nuriyah Phasa
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7118188
Tahun : 2022
Judul : Penerapan Model Project Based Learning untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa pada Pembelajaran IPS Tema 7 Indahnya Keragaman di Negeriku pada Siswa Kelas IV SDN 1 Kutosari Tahun Ajaran 2021/2022
Edisi :
Imprint : Kebumen - Fak. KIP - 2022
Kolasi :
Sumber :
Subyek : -
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Rida Nuriyah Phasa. PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS SISWA PADA PEMBELAJARAN IPS TEMA 7 INDAHNYA KERAGAMAN DI NEGERIKU PADA SISWA KELAS IV SDN 1 KUTOSARI TAHUN AJARAN 2021/2022. Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, April 2022.

              Tujuan penelitian ini yaitu: (1) mendeskripsikan penerapan model Project Based Learning dalam peningkatan kreativitas siswa, (2) meningkatkan kreativitas siswa pada pembelajaran IPS Tema 7 Indahnya Keragaman di Negeriku melalui model Project Based Learning, (3) mendeskripsikan kendala dan solusi penerapan model Project Based Learning.

              Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam tiga siklus. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV SDN 1 Kutosari. Data yang digunakan berupa data kualitatif dan kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi dan tes. Validitas data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Analisis data dilaksanakan melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.

              Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) langkah penerapan model Project Based Learning untuk meningkatkan kreativitas siswa pada pembelajaran IPS Tema 7 Indahnya Keragaman di Negeriku pada siswa kelas IV SDN 1 Kutosari tahun ajaran 2021/2022 yaitu: (a) Mendesain proyek peta konsep, (b) Perancangan langkah-langkah penyelesaian proyek peta konsep, (c) menyusun jadwal, (d) penyelesaian proyek dan monitoring, (e) menyusun laporan dan presentasi, dan (f) Mengevaluasi proyek peta konsep, (2) penerapan model Project Based Learning dapat meningkatkan kreativitas siswa kelas IV SDN 1 Kutosari, (3) kendala dalam penelitian yaitu: (a) belum adanya pembatasan waktu yang diperlukan siswa untuk mengerjakan proyek; (b) fasilitas siswa untuk melakukan presentasi belum memadai; (c) belum adanya diskusi umpan balik dan kesimpulan, (d) siswa tidak mendengarkan penjelasan guru; (e) siswa tidak mencatat hal-hal penting; (f) siswa belum maksimal dalam melakukan presentasi; dan (g) siswa belum membagi tugas untuk presentasi kelompok. Adapun solusi dari kendala tersebut yaitu: (a) guru memberikan waktu untuk pengerjaan proyek; (b) guru memberikan fasilitas berupa plester untuk menempelkan proyek di papan tulis; (c) guru memberikan umpan balik dan kesimpulan tentang proyek, (d) guru memastikan siswa duduk ditempatnya masing-masing dan tidak mengobrol dengan teman; (e) guru memastikan siswa mencatat hal-hal penting; (f) guru memberikan contoh cara presentasi yang baik dan benar; dan (g) guru menyuruh siswa untuk bergantian saat presentasi dengan teman sekelompoknya. Kesimpulan penelitian ini adalah penerapan model Project Based Learning dapat meningkatkan kreativitas siswa pada pembelajaran IPS Tema 7 Indahnya Keragaman di Negeriku pada siswa kelas IV SDN 1 Kutosari tahun ajaran 2021/2022.

 

Kata kunci: project based learning, kreativitas, IPS

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
Daftar Pustaka.pdf
Lampiran.pdf
Halaman Cover.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Ngatman, M.Pd.
2. Dr. Rokhmaniyah, M.Pd.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP