Penulis Utama : Rizqi Fajar Kusuma
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K3217067
Tahun : 2021
Judul : Kajian Sign System di Lingkungan Kampus Universitas Sebelas Maret
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2021
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. KIP-K3217067
Subyek : -
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Penelitian ini bertujuan untuk (1) Menganalisa penerapan prinsip sign system Universitas Sebelas Maret terhadap kesesuaian lingkungan kampus Universitas Sebelas Maret, (2) Mengetahui analisis signage pyramid method dalam sign system yang ada di lingkungan kampus Universitas Sebelas Maret.
Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan pendekatan analisis isi/dokumen. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dan incidental sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara, observasi, dokumen, dan kuisioner online. Data diuji validitasnya dengan cara trianggulasi sumber dan teknik/metode. Data dianalisis menggunakan teknik analisis alir dengan prosedur reduksi, display, dan verifikasi.
Hasil penelitian adalah sebagai berikut, (1) Penerapan prinsip sign system didapatkan tiga hal, pertama, keseluruhan penanda telah sesuai untuk menggambarkan karakter dan ide dari suatu lingkungan meskipun beberapa belum maksimal. Hal ini diwujudkan dengan penggunaan warna serta kombinasinya, konsep bentuk yang dihadirkan, dan konten informasi yang disampaikan. Kedua, penanda memiliki visibility dan legibility yang baik. Visibility atau keterlihatan dipengaruhi oleh lokasi penempatan penanda yang sudah disesuaikan dengan kebutuhan informasi di lingkungan masing-masing. Sedangkan untuk legibility atau keterbacaan, penanda telah dipasang sesuai kegunaannya dengan zona pandang mata, kemudian dari jenis huruf yang dipilih serta ukuran yang digunakan, dan pemilihan kombinasi warna. Ketiga, prinsip harmony/ keseragaman, ternyata dari beberapa penanda belum dan ada yang sudah tercipta keharmonsian antara sign system dengan lingkungan masing- masing meliputi sign system lainnya dan arsitektur bangunan. (2) Analisis sign system menggunakan signage pyramid method menunjukkan bahwa tercipta keseragaman desain yang informatif (memberi infromasi), variatif (beragam), dan atraktif (daya tarik) sesuai keinginan masing-masing fakultas. Keberagaman ini dapat terlihat dari beberapa hal seperti konten informasi yang disampaikan, konsep bentuk, gaya desain, pemilihan warna, jenis huruf, jenis material, dan lokasi penempatannya yang disesuaikan lingkungan masing-masing.

Kata Kunci: Sign System, Signage Pyramid Method, Kampus

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Judul.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
Daftar Pustaka.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Basuki Sumartono, M.Sn.
2. Dr. Margana, M.Sn.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP