Penulis Utama : Khikmawati
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7117115
Tahun : 2021
Judul : Motivasi Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran STEAM di SDN Totosari 102 Surakarta Selama Pandemi Covid-19
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2021
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. KIP-K7117115
Subyek : -
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui motivasi belajar peserta didik kelas IV SDN Totosari 102 Surakarta pada pembelajaran STEAM (Science, Technology, Engineering, Art and Mathematics) di masa pandemi covid-19.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif bersifat studi kasus. Penelitian dilaksanakan dengan mendeskripsikan fakta-fakta dan fenomena yang terjadi selama penelitian. Subjek penelitian adalah kelas IV SDN Totosari 102 Surakarta sejumlah 5 peserta didik. Sumber data berasal dari guru, orang tua, dan peserta didik. Teknik pengumpulan data adalah dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Validitas data menggunakan teknik triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Analisis data menggunakan teknik analisis data menggunakan teknik analisis data model analisis interaktif. Prosedur penelitian ini terdiri dari tahap pralapangan, pekerjaan lapangan, analisis data, dan penulisan laporan. Penelitian ini berfokus pada faktor yang mempengaruhi motivasi belajar peserta didik, yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Pengambilan data didasarkan pada indikator perhatian dalam belajar, kuatnya kemauan untuk berbuat, minat dalam belajar, sarana dan prasarana, perhatian guru, dan perhatian orang tua.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi belajar pesera didik dalam pembelajaran STEAM di masa pandemi covid-19. Proses pembelajaran online berjalan kurang kodusif dan antusias belajar peserta didik rendah. Motivasi belajar peserta didik menurun karena faktor internal. Beberapa peserta didik memiliki kemauan untuk berprestasi selama pembelajaran online. Sedangkan dukungan dari luar (faktor eksternal) cukup baik. Peserta didik harus selalu didampingi dan diberi perhatian lebih untuk dapat meningkatkan motivasinya dalam pembelajaran STEAM saat kondisi pandemi covid-19. Simpulan penelitian ini adalah motivasi belajar peserta didik SDN Totosari 102 Surakarta pada pembelajaran STEAM di masa pandemi covid-19 mengalami penurunan.

Kata kunci: motivasi belajar, STEAM, sekolah dasar, COVID-19

 

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Judul.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
Daftar Pustaka.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Hadi Mulyono, M.Pd.
2. Fadhil Purnama Adi, S.H., M.H.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP