Penulis Utama : Vira Syafina
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D0217100
Tahun : 2022
Judul : Manajemen Redaksi Media Online
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. ISIP - 2022
Kolasi :
Sumber : -
Subyek :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Vira Syafina. D0217100. 2022 “MANAJEMEN REDAKSI MEDIA ONLINE (Studi Deskriptif Tentang Manajemen Redaksi Borobudur News dalam Memenangkan Persaingan Antar Perusahaan Media Online di Wilayah Magelang, Jawa Tengah)”. Skripsi. Program Studi Ilmu Komunikasi. Fakultas Ilmu Sosial dan Politik. Universitas Sebelas Maret. Surakarta.

ABSTRAK

Perkembangan teknologi yang pesat membawa pengaruh terhadap perkembangan media mulai dari cetak, elektronik, sampai ke media online. Kemunculan media online didukung dengan kenaikan jumlah pengguna internet. Karena adanya pergeseran minat masyarakat, kini media cetak dan elektronik ikut bertransformasi ke media online. Hal ini tentunya membuat persaingan media online semakin ketat sehingga mereka harus punya strategi untuk bisa bertahan. Borobudur News sebagai salah satu media online lokal juga harus mempertahankan eksistensinya ditengah kemunculan media online lainnya di Magelang dengan strateginya sendiri. Untuk menerapkan strategi maka diperlukan manajemen yang tepat supaya bisa terlihat sejauh mana kelemahan serta kelebihan dari media itu sendiri. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis strategi manajemen redaksi Borobudur News untuk bisa memenangkan persaingan antar perusahaan media online di wilayah Magelang. 
Penelitian ini menggunakan teori manajemen POAC George R. Terry. Teori ini merupakan teori dasar manajemen yang sering digunakan oleh sebuah organisasi untuk mencapai suatu tujuan tertentu. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Sumber datanya adalah data primer yang diperoleh dari wawancara dengan informan yaitu direktur, pimpinan redaksi, redaktur, wartawan, pengelola media sosial, dan para pengakses serta data sekunder yang diperoleh dari studi literatur dan review dokumen. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling yaitu dengan mewawancara sampel yang sudah ditentukan dengan kiteria tertentu. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan dokumentasi.
Hasil penelitian yaitu tentang manajemen redaksi yang terdiri dari 1) Planning, pembahasan konten harian yang akan dimuat dengan briefing di grup Whatsapp di setiap malam. 2) Organizing, pembagian tugas kerja dan liputan. 3) Actuating, liputan, menulis berita, dan penyebaran berita. Strategi yang diterapkan untuk memenangkan persaingan yaitu mengangkat kejadian viral yang ada di media sosial menjadi berita, mengangkat isu lokal, membuat konten kreatif, pemecahan berita dari satu kejadian menjadi beberapa artikel, dan memanfaatkan media sosial untuk penyebaran konten. 4) Controlling, pengawasan terhadap jalannya produksi berita seperti memeriksa jam tayang berita, kesalahan penulisan, dan isu yang diangkat apakah sesuai perencanaan atau tidak.
Kesimpulan dari penelitian ini yaitu redaksi Borobudur News menjalankan strategi manajamennya dengan baik. Sebagai media lokal yang sedang berkembang dengan sumber daya manusia yang terbatas, media ini mampu bersaing dan mempertahakan eksistensinya saat banyaknya media online yang bermunculan di Magelang.

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
COVER.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
DAFTAR PUSTAKA.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Sri Herwindya Baskara Wijaya, S.Sos., M.Si.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP