Penulis Utama : A’idah Husna Luthfiyyah Ans
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : B0217001
Tahun : 2021
Judul : Ketidaksantunan Berbahasa Dalam Kanal Youtube Curhat Bang Denny Sumargo
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ilmu Budaya - 2021
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Ilmu Budaya-B0217001
Subyek : -
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Alasan yang mendasari dilakukannya penelitian ini, yakni adanya fenomena ketidaksantunan berbahasa yang hadir dalam acara di kanal YouTube. Salah satu acara yang banyak mengandung ketidaksantunan berbahasa adalah kanal YouTube CURHAT BANG Denny Sumargo. Tuturan tidak santun memiliki strategi yang diterapkan oleh penutur yakni startegi ketidaksantunan. Selain itu, terdapat respons terhadap ketidaksantunan yang diberikan oleh mitra tutur ketika merasakan ketidaksantunan dari penutur.
Permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini meliputi: (i) bagaimanakah strategi ketidaksantunan yang digunakan dalam kanal YouTube CURHAT BANG Denny Sumargo? dan (ii) bagaimanakah respons terhadap ketidaksantunan yang digunakan dalam kanal YouTube CURHAT BANG Denny Sumargo?
Tujuan penelitian ini mencakup dua hal, yaitu: (i) mendeskripsikan strategi ketidaksantunan yang digunakan dalam kanal YouTube CURHAT BANG Denny Sumargo dan (ii) mendeskripsikan respons terhadap ketidaksantunan yang digunakan dalam kanal YouTube CURHAT BANG Denny Sumargo. Data dalam penelitian berupa dialog yang di dalamnya terdapat tuturan yang mengandung strategi dan respons ketidaksantunan berbahasa.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif deskriptif. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode simak dengan teknik unduh dan teknik catat. Metode analisis data yang digunakan adalah metode analisis kontekstual dan disajikan dengan metode informal.
Hasil penelitian ini meliputi dua hal, yaitu: (i) strategi ketidaksantunan yang ditemukan dalam kanal YouTube CURHAT BANG Denny Sumargo, yakni strategi ketidaksantunan secara langsung, strategi ketidaksantunan positif, dan strategi ketidaksantunan negatif. Strategi ketidaksantunan positif meliputi tujuh substrategi, yaitu mengabaikan orang lain, mengucilkan orang lain, menarik diri atau memisahkan diri dari mitra tutur yang tidak mempunyai pendapat yang sama, menunjukkan ketidakpedulian, menunjukkan ketidaktertarikan, menggunakan kata-kata tabu atau bahasa yang kasar, dan menggunakan sumpah serapah. Strategi ketidaksantunan negatif meliputi lima substrategi, yaitu menakut-nakuti, mencemooh atau mengejek orang lain, menyalahkan orang lain, meremehkan orang lain, dan melanggar ruang pribadi. Selanjutnya, (ii) respons ketidaksantunan yang ditemukan dalam kanal YouTube CURHAT BANG Denny Sumargo, yaitu respons ofensif-ofensif, respons ofensif-defensif, respons menerima, dan respons tidak merespons.

Kata kunci: ketidaksantunan, strategi, respons

 

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Judul.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
Daftar Pustaka.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Miftah Nugroho, M.Hum.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ilmu Budaya