Penulis Utama : Rizki Hafhshah Ekayana Ariwanti
NIM / NIP : D0117087
×

Tujuan dari penelitian tersebut ialah untuk mengukur pengaruh kualitas pelayanan terhadap tingkat kepuasan masyarakat Kelurahan Mojo Kecamatan Pasarkliwon Kota Surakarta. Penelitian ini dilakukan di Kelurahan Mojo Kecamatan Pasarkliwon Kota Surakarta. Kelurahan Mojo merupakan kelurahan hasil pemekaran dari Kelurahan Semanggi, sehingga perlu diuji kualitas pelayanannya terhadap tingkat kepuasan masyarakat. Teori yang digunakan yaitu mengenai hubungan kualitas pelayanan dengan tingkat kepuasan masyarakat menurut Kotler (2013).
Jenis penelitian ini bersifat kuantitatif, dengan populasinya merupakan masyarakat yang pernah mendapatkan pelayanan pemerintahan berupa pelayanan administrasi dari Kelurahan tersebut, serta sampelnya berjumlah 97 responden. Sampel tersebut didapat dari perhitungan menggunakan rumus Lameshow karena populasinya tidak diketahui. Teknik pengumpulan data secara primer menggunakan angket berskala likert. Teknik pengumpulan data secara sekunder dengan menggunakan studi dokumentasi untuk mendapatkan informasi mengenai sejarah Kelurahan tersebut. Pada penelitian ini juga diperlukan survey dan wawancara untuk mendapatkan tambahan dukungan data mengenai profil Kelurahan Mojo. Pengujian validitas instrumen dilakukan dengan rumus indeks korelasi Product Moment Pearson. Pengujian reliabilitas instrumen dilakukan dengan rumus Alfa Cronbach. Teknik analisis data yang dipakai dalam penelitian tersebut yaitu analisis regresi linear sederhana. Pada penelitian ini analisis regresi sederhana dipakai untuk mengukur seberapa besar pengaruh variabel bebas (kualitas pelayanan) terhadap variabel terikat yaitu tingkat kepuasan masyarakat.
Hasil dari penelitian tersebut menyimpulkan bahwa kualitas pelayanan berpengaruh secara signifikan terhadap tingkat kepuasan masyarakat Kelurahan Mojo Kecamatan Pasarkliwon Kota Surakarta. Hasil SPSS membuktikan bahwa nilai signifikansi (Sig.) sebesar 0,000 lebih kecil dari < probabilitas> t tabel 1,988, sehingga berarti nahwa H0 ditolak dan Ha diterima. Nilai R Square sebesar 0,751 maka pengaruh kualitas pelayanan (X) terhadap tingkat kepuasan masyarakat (Y) adalah sebesar 75,1 %.

Kata Kunci: kualitas; pelayanan; tingkat kepuasan masyarakat

 

×
Penulis Utama : Rizki Hafhshah Ekayana Ariwanti
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D0117087
Tahun : 2021
Judul : Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Tingkat Kepuasan Masyarakat Kelurahan Mojo Kecamatan Pasarkliwon Kota Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. ISIP - 2021
Program Studi : S-1 Ilmu Administrasi Negara
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. ISIP-D0117087
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Priyanto Susiloadi, M.Si.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.