Penulis Utama : Fernanda Januar Yudiyanto
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : F0117052
Tahun : 2021
Judul : Analisis Potensi Ekonomi yang Mempengaruhi Minat Pengguna Menjadikan Youtuber Sebagai Alternatif Pekerjaan Baru di Era Ekonomi Digital (Studi Kasus : Youtuber Solo Raya)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ekonomi dan Bisnis - 2021
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Ekonomi dan Bisnis-F0117052
Subyek : -
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Youtube adalah media sosial yang mulai berkembang pada zaman sekarang. Tidak hanya sebagai hiburan semata, youtube mampu menjadi alternatif pekerjaan baru melalui youtuber. Tujuan dari skripsi ini guna mengetahui faktor – faktor yang memiliki pengaruh pada youtuber sebagai alternatif pekerjaan baru di era ekonomi digital. Faktor - faktor tersebut dapat diukur melalui vaiabel Gaji/AdSense youtube, popularitas, pertimbangan pasar kerja dan karakteristik individu. Skripsi ini adalah penelitian survey/wawancara dan menggunakan data primer dari 95 responden youtuber yang berasal dari wilayah Solo Raya (Surakarta, Boyolali, Sukoharjo, Karanganyar, Wonogori, Sragen dan Klaten). Teknik pencarian data penelitian dengan menggunakan angket/kuesioner. Analisis data pada penelitian ini adalah uji asumsi klasik dan analisis hipotesis yang menggunakan analisis regresi linier berganda dengan SPSS versi 16.0. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel Gaji/Adsense tidak berpengaruh positif terhadap youtuber sebagai alternatif pekerjaan baru di era ekonomi digital. Sedangkan variabel popularitas, pertimbangan pasar kerja dan karakteristik individu berpengaruh positif terhadap youtuber sebagai alternatif pekerjaan baru di era ekonomi digital.

Kata Kunci : gaji/adsense youtube, popularitas, pertimbangan pasar kerja, dan karakteristik individu, youtube, youtuber, ekonomi digital.

 

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Judul.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
Daftar Pustaka.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dwi Prasetyani, S.E., M.Si.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis