Penulis Utama : Sulistyo Bayumukti
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K3215056
Tahun : 2022
Judul : Pembelajaran Ragam Hias pada Caping di Kelas XI IPA 1 SMA Negeri Jumapolo Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2019/2020
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2022
Kolasi :
Sumber :
Subyek : -
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Sulistyo Bayumukti. K3215056. PEMBELAJARAN RAGAM HIAS PADA CAPING DI KELAS XI IPA 1 SMA N JUMAPOLO SEMESTER GANJIL TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Desember 2019.

            Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) proses pembelajaran ragam hias pada caping di kelas XI IPA 1 SMA Negeri Jumapolo. (2) visualisasi karya ragam hias pada caping yang dihasilkan siswa di kelas XI IPA 1 SMA Negeri Jumapolo. Penelitian ini dilaksanakan bulan juli sampai dengan bulan agustus. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Sumber data yang digunakan adalah informan, tempat dan peristiwa, dokumen dan arsip. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan studi dokumen. Uji validitas data menggunakan triangulasi data dan review informan. Analisis data menggunakan analisis model mengalir yaitu pengumpulan data, reduksi data, sajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Proses pembelajaran yang meliputi tujuan pembelajaran yang telah memenuhi ketiga aspek pengembangan kemampuan peserta didik yaitu aspek afektif, kognitif, dan psikomotorik. Materi pembelajaran berawal dari pengenalan tentang ragam hias, pembuatan sketsa dan proses pewarnaan. Metode yang digunakan meliputi metode ceramah, tanya jawab diskusi, pemberian tugas. Media pembelajaran menggunakan power point yang berisi tentang materi pembelajaran ragam hias dengan alat penunjang pembelajaran berupa LCD proyektor. Evaluasi pembelajaran dilakukan oleh guru secara objektif mencakup keseluruhan proses pembelajaran, meliputi aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik. Proses pembelajaran ragam hias pada caping  adalah sebagai berikut: Kegiatan diawali dengan penyampaian materi ragam hias oleh guru, kemudian siswa ditugaskan membuat makalah tentang ragam hias dan mempersentasikan hasil makalah mereka, dan kemudian siswa membuat sketsa ragam hias. Sketsa yang sudah jadi dikembangkan dengan teknik stilasi, selanjutkan siswa berproses membuat karya ragam hias pada caping. (2) Hasil karya ragam hias pada caping di kelas XI IPA 1 SMA Negeri Jumapolo secara keseluruhan sudah baik. Hal tersebut ditunjukan dengan terpenuhinya kriteria penilaian yang berdasar pada unsure seni rupa, prinsip seni rupa dan teknik pengubahan bentuk. Unsur seni rupa berupa garis yang telah dimuncukan pada bagian ornamen, warna yang dipilih juga sangat beragam, dan bentuk dari ornamen yang kreatif membuat karya menjadi lebih baik. Sedangkan prinsip seni rupa yang digunakan meliputi kesatuan dari bentuk ornamen yang berbeda tapi tetap membentuk kesatuan yang baik. Irama dari pemilihan warna yang dikomposisikan dengan baik sehingga menciptakan irama yang menarik pada karya. Keserasian terdapat pada bagian warna dan bentuk ornamen yang terpadu dan tidak bertentangan, dan keseimbangan terlihat dari komposisi letak ornamen yang disusun dengan baik sehingga terlihat seimbang dengan media yang tersedia. Kemudian terdapat teknik pengubahan bentuk berupa teknik stilasi yang sudah diterapkan oleh siswa.

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
HALAMAN COVER.pdf
BAB I.pdf
BAB II New.pdf
BAB III.pdf
BAB IV nw.pdf
BAB V.pdf
DAFTAR PUSTAKA.pdf
LAMPIRAN.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dra. MY. Ning Yuliastuti, M.Pd
2. Nanang Yulianto, S.Pd., M.Ds.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP