Penulis Utama : Regita Vilanny Putri Nurwardana
NIM / NIP : K2517058
×

Regita Vilanny Putri Nurwardana. ANALISIS KARAKTERISTIK BIO-OIL HASIL PIROLISIS MENGGUNAKAN RDF-5 DENGAN VARIASI CAMPURAN BIOMASSA AMPAS KOPI DAN AMPAS TEBU. Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Februari 2022. 
Kebutuhan energi bahan bakar fosil di dunia semakin meningkat seiring dengan bertambahnya populasi manusia. Upaya dalam mengatasi krisis bahan bakar fosil yaitu dengan menciptakan suatu energi yang dapat diperbaharui (renewable energy). Salah satu energi alternatif yang dapat digunakan adalah biomassa. Ampas Kopi dan ampas tebu yang melimpah berpotensi untuk dimanfaakan menjadi biomassa. Biomassa dapat digunakan sebagai bahan bakar dengan proses pirolisis yang menghasilkan produk asap cair berupa bio-oil. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui variasi komposisi RDF-5 campuran biomassa ampas kopi dan ampas tebu untuk mendapatkan karakteristik bio-oil terbaik untuk dapat dijadikan sebagai bahan bakar berdasarkan rendemen, massa jenis, nilai pH, dan nilai kalor.
Penelitian yang dilakukan ini merupakan penelitian kuantitatif deskriptif dengan menggunakan metode eksperimen. Variasi komposisi RDF-5 campuran ampas kopi dan ampas tebu dengan perbandingan 100:0, 75:25, 50:50, 25:75, dan 0:100. Proses pirolisis dilakukan di Laboratorium Kampus V Pabelan UNS untuk mendapatkan bio-oil¸ selanjutnya dilakukan penyaringan untuk memurnikan bio-oil. Proses pengambilan data dilakukan uji laboratorium di Laboratorium UPT Terpadu UNS dengan pengujian rendemen menggunakan piknometer, uji massa jenis sesuai standar pengujian SNI 06-6446. 1-2000, uji nilai pH dengan menggunakan pH meter protabel, dan uji nilai kalor di Laboratorium MIPA UNS dengan alat bomb calorimeter.
Hasil penelitian mengunjukkan bahwa variasi komposisi karakteristik bio-oil hasil pirolisis berdasarkan pengujian rendemen bio-oil tertinggi adalah 50% ampas kopi 50% ampas tebu dengan nilai 41,8951%. Massa jenis bio-oil terendah adalah 75% ampas kopi 25% ampas tebu pada tampungan reaktor 0,99678 gr/ml dan tampungan kondensor dengan nilai 1,01272 gr/ml. Nilai pH bio-oil tertinggi adalah 100% ampas kopi pada tampungan reaktor sebesar 3,72 dan tampungan kondensor dengan nilai 3,46. Nilai kalor bio-oil terbaik adalah 100% ampas kopi pada tampungan reaktor sebesar 283,554 kal/gr dan pada tampungan kondensor dengan nilai sebesar 333,004 kal/gr.

×
Penulis Utama : Regita Vilanny Putri Nurwardana
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K2517058
Tahun : 2022
Judul : Analisis Karakteristik Bio-Oil Hasil Pirolisis Menggunakan RDF-5 dengan Variasi Campuran Biomassa Ampas Kopi dan Ampas Tebu
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2022
Program Studi : S-1 Pendidikan Teknik Mesin
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : renewable energy, biomassa, pirolisis, RDF-5, bio-oil, ampas kopi, ampas tebu
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Danar Susilo Wijayanto, S.T., M.Eng.
2. Dr. Eng. Herman Saputro, S.Pd., M.Pd., M.T.
Penguji : 1. Ir. Husin Bugis, M.Si.
2. Budi Harjanto, ST, M.Eng.
Catatan Umum : tidak ada DOI/DOI Invalid
Fakultas : Fak. KIP
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.