Penulis Utama : Sovi Divta Anjani
NIM / NIP : K4414044
×

Sovi Divta Anjani. K4414044. PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE THINK PAIR SHARE DAN MEDIA MODUL DIGITAL UNTUK MENINGKATKAN SIKAP TOLERANSI DAN PRESTASI BELAJAR SEJARAH SISWA KELAS XI IPS 4 DI SMA AL-ISLAM 1 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2017/2018.Skripsi: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Juli 2021.

Tujuan penelitian ini adalah untuk: 1) meningkatkan sikap toleransi siswa melalui penerapan model cooperative learning tipe Think Pair Share dan media modul digital dalam pembelajaran sejarah; 2) meningkatkan prestasi siswa melalui penerapan model cooperative learning tipe Think Pair Share dan media modul digital dalam pembelajaran sejarah.

Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi tindakan. Subjek penelitian adalah kelas XI IPS 4 SMA Al-Islam Surakarta yang berjumlah 35 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi atau pengamatan, tes dan angket. Validitas uji menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi metode. Analisis data dilakukan dengan teknik deskriptif komperatif dan teknik analisis interaktif.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) penerapan model cooperative learning tipe Think Pair Share dan media modul digital dapat meningkatkan sikap toleransi kelas XI IPS 4 SMA Al Islam 1 Surakarta Tahun Pelajaran 2017/2018. Hal ini dibuktikan dengan peningkatan pencapaian indikator sikap toleransi 66,15% pada tahap prasiklus, meningkat menjadi 73,38% pada tahap siklus I, meningkat menjadi 85,75% pada tahap siklus II. Jumlah siswa dengan sikap toleransi kategori tinggi juga mengalami peningkatan yaitu dari 2 siswa (5,71%) pada tahap prasiklus, meningkat menjadi 12 siswa (34,29%) pada tahap siklus I, dan meningkat menjadi 30 siswa (85,71%) pada tahap siklus II. Pencapaian indikator sikap toleransi pada siklus II tersebut telah mencapai target kinerja penelitian yang ditetapkan yaitu sebesar ?75%. 2) penerapan model cooperative learning tipe Think Pair Share dan media modul digital dapat meningkatkan prestasi siswa kelas XI IPS 4 SMA Al Islam 1 Surakarta Tahun Pelajaran 2017/2018. Hal ini dibuktikan dengan peningkatan jumlah siswa yang nilai KKM=75 pada tahap prasiklus yaitu 10 siswa (28,57%), meningkat menjadi 24 siswa (68,57%) pada tahap siklus I dan 33 siswa (94,29%) pada tahap siklus II. Rata-rata pencapaian nilai prestasi siswa pada  siklus II tersebut telah mencapai target kinerja penelitian yang ditetapkan yaitu sebesar ?75%. Data diatas diambil menggunakan  metode wawancara, obervasi, pembegian angket dan tes pada siswa.

Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan pembelajaran sejarah dengan model model cooperative learning tipe Think Pair Share dan media modul digital dapat meningkatkan sikap toleransi dan prestasi siswa dalam pembelajaran sejarah kelas XI IPS 4 SMA Al Islam 1 Surakarta Tahun Pelajaran 2017/2018.

 

Kata Kunci: Think Pair Share (TPS), modul digital, sikap toleransi, prestasi siswa. 

×
Penulis Utama : Sovi Divta Anjani
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K4414044
Tahun : 2021
Judul : Penerapan Model Cooperative Learning Tipe Think Pair Share dan Media Modul Digital Untuk Meningkatkan Sikap Toleransi Siswa dan Prestasi Belajar Sejarah Siswa Kelas XI IPS 4 di SMA Al-Islam 1 Surakarta Tahun Pelajaran 2017/2018
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2021
Program Studi : S-1 Pendidikan Sejarah
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : Think Pair Share (TPS), modul digital, sikap toleransi, prestasi siswa
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Akhmad Arif M, M.Pd
2. Isawati, S.Pd, MA
Penguji : 1. Dr. Sutiyah, M.Pd. M.Hum
2. Dadan Adi K S.Pd, M.A
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.