Penulis Utama : Kenfitria Diah W
NIM / NIP : T111908007
×

Kenfitria Diah Wijayanti. T111908007. KEARIFAN LOKAL PERISTIWA TUTUR SAPA ARUH PADA MASYARAKAT JAWA DI KOTA SURAKARTA (SUATU KAJIAN ETNOPRAGMATIK). Disertasi: Linguistik Deskriptif, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Sebelas Maret Surakarta, Mei 2022.

 

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mendeskripsikan jenis tindak tutur dalam peristiwa tutur sapa aruh; 2) mengidentifikasi nilai kearifan lokal yang terkandung pada peristiwa tutur sapa aruh; 3) mengidentifikasi latar belakang masyarakat Jawa di Surakarta masih mempertahankan tradisi sapa aruh; dan 4) merumuskan fungsi tradisi sapa aruh bagi masyarakat Jawa di Surakarta.

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Data yang digunakan dalam penelitian ini berupa tuturan dalam interaksi sosial tradisi lisan sapa aruh yang mengandung kearifan lokalSumber data penelitian ini berasal dari masyarakat etnis Jawa di Surakarta,  tokoh masyarakat, dan pakar bahasa Jawa. Teknik pengambilan subjek yaitu secara purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan menggunakan metode simak dengan teknik sadap dan catat. Uji validitas data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi metode. Metode analisis data dalam penelitian ini menggunakan metode etnopragmatik yakni metode etnografi dengan model analisis pragmatik. Sementara itu, teknik analisis data yang digunakan yakni teknik analisis data model Spradley. Teknik analisis data model Spradley terdiri dari empat tahap kegiatan, yaitu analisis domain, analisis taksonomi, analisis komponensial, dan analisis tema budaya. Terdapat tiga tahapan prosedur penelitian yakni persiapan, pelaksanaan, dan penyusunan laporan penelitian.

Berdasarkan analisis data yang telah dilakukan, maka dapat disimpulkan sebagai berikut. Pertama, jenis tindak tutur dalam peristiwa tutur sapa aruh yang dilakukan oleh masyarakat Jawa di Surakarta meliputi TT Asertif, Direktif, Ekspresif, Komisif, dan Deklaratif. Kedua, nilai kearifan lokal yang terkandung pada peristiwa tutur sapa aruh yang dilakukan oleh masyarakat Jawa di Surakarta dibagi menjadi dua yakni wujud nilai kearifan lokal dan cerminan etika masyarakat Jawa dalam PTSA. Wujud nilai kearifan lokal yang terdapat dalam PTSA antara lain: a) kerukunan antarmasyarakat; b) gotong royong; c) tenggang rasa; d) kepedulian lingkungan; dan e) keadilan. Sementara itu, cerminan etika masyarakat Jawa dalam PTSA meliputi: a) rendah hati atau andhap asorb) empan papanc) menjaga perasaan atau angon rasad) mau berkorban; e) mawas diri. Ketiga, latar belakang masyarakat Jawa di Kota Surakarta tetap mempertahankan tradisi lisan sapa aruh yaitu dilatarbelakangi oleh faktor budaya dan sosial. Fungsi tradisi sapa aruh bagi masyarakat Jawa di Surakarta yakni: a) sebagai penghormatan kepada mitra tutur; b) menjaga kerukunan; c) menjaga etika kesantunan; d) melestarikan budaya dan bahasa Jawa; dan e) pengembangan pendidikan karakter.

×
Penulis Utama : Kenfitria Diah W
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : T111908007
Tahun : 2022
Judul : Kearifan Lokal Peristiwa Tutur Sapa Aruh pada Masyarakat Jawa di Kota Surakarta (Suatu Kajian Etnopragmatik)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ilmu Budaya - 2022
Program Studi : S-3 Linguistik (Deskriptif)
Kolasi :
Sumber : -
Kata Kunci : kearifan lokal, tindak tutur, sapa aruh, etnopragmatik, Surakarta
Jenis Dokumen : Disertasi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : https://journals.sagepub.com/toc/crxa/49/4
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Djatmika, M.A.
2. Prof. Dr. H. Sumarlam, M.S.
3. Prof. Dr. H. Wakit Abdullah Rais, M. Hum.
Penguji : 1. Prof. Drs. M. R. Nababan, M.Ed., M.A., Ph.D.
2. Prof. Dr. Warto, M.Hum.
3. Prof. Dr. Tri Wiratno, M.A.
Catatan Umum : Pada saat upload status artikel jurnal accepted
Fakultas : Fak. Ilmu Budaya
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.