Penulis Utama : Fidya Pramesti Putri
NIM / NIP : K4216028
×

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) Unsur struktural berupa unsur fisik dan batin yang terdapat pada buku antologi geguritan Gumantining Warsa karya Bagus Wahyu Setyawan; (2) nilai pendidikan budi pekerti yang terdapat pada buku antologi geguritan Gumantining Warsa karya Bagus wahyu Setyawan; (3) relevansinya sebagai materi pembelajaran bahasa Jawa di SMA. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode kualitatif deskriptif dan analisis isi atau content analysis. Data yang digunakan dalam penelitian ini berupa antologi geguritan yang memenuhi struktur fisik dan batin geguritan. Selain itu data berupa geguritan yang mengandung nilai pendidikan budi pekerti. Sumber data dalam penelitian ini adalah dokumen dan informan/ narasumber. Teknik pengambilan subjek penelitian dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini dengan analisis dokumen dan wawancara. Uji validitas data menggunakan uji triangulasi data, teori dan sumber data. Analisis data yang digunakan yakni pengumpulan data, reduksi data, display data dan pengambilan kesimpulan.
Hasil penelitian adalah sebagai berikut: (1) Struktur yang terdapat dalam buku antologi geguritan Gumantining Warsa karya Bagus Wahyu Setyawan terdiri atas unsur fisik dan unsur batin. Unsur fisik meliputi diksi, gaya bahasa (bahasa figuratif), versifikasi/ rima, pengimajian, kata konkret, dan tipografi. Sementara itu, unsur batin meliputi tema, perasaan, nada dan amanat; (2) nilai pendidikan budi pekerti yang terdapat dalam antologi geguritan Gumantining Warsa karya Bagus Wahyu Setyawan diantaranya sikap dan perilaku hubungannya dengan Tuhan, sikap dan perilaku hubungannya dengan diri sendiri, sikap dan perilaku hubungannya dengan keluarga, sikap dan perilaku hubungannya dengan sosial budaya masyarakat, serta sikap dan perilaku hubungannya dengan alam sekitar; (3) buku antologi geguritan Gumantining Warsa karya Bagus Wahyu Setyawan sesuai dan layak jika digunakan sebagai materi pembelajaran bahasa Jawa di SMA. Kelayakan buku antologi geguritan Gumantining Warsa karya Bagus Wahyu Setyawan karena sesuai dengan kompetensi dasar yang terdapat pada silabus kurikulum di tingkat SMA, serta sesuai dengan perkembangan peserta didik. Selain itu, buku antologi geguritan Gumantining Warsa karya Bagus Wahyu Setyawan juga banyak mengandung nilai pendidikan budi pekerti yang dapat dijadikan suri tauladan bagi peserta didik dalam berperilaku di kehidupan sehari-hari.

Kata Kunci: geguritan, unsur struktural, nilai pendidikan budi pekerti, materi pembelajaran.

 

×
Penulis Utama : Fidya Pramesti Putri
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K4216028
Tahun : 2021
Judul : Struktur dan Nilai Pendidikan Budi Pekerti Dalam Antologi Geguritan Gumantining Warsa Karya Bagus Wahyu Setyawan Serta Relevansinya Sebagai Materi Pembelajaran Bahasa Jawa di SMA
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2021
Program Studi : S-1 Pendidikan Sastra Jawa
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. KIP-K4216028
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Djoko Sulaksono, S.Pd., M.Pd.
2. Kenfitria Diah Wijayanti, S.S., M.Hum.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.