Penulis Utama : Warimah
NIM / NIP : K4416068
×

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Pelaksanaan kurikulum 2013 dalam pembelajaran sejarah di SMA  Muhammadiyah 3 Surakarta tahun ajaran 2019 / 2020, (2) Hambatan atau permasalahan yang dihadapi dalam pelaksanaan Kurikulum 2013 dalam pembelajaran sejarah di  SMA Muhammadiyah 3 Surakarta tahun ajaran 2019 / 2020, (3) Upaya yang dilakukan dalam mengatasi hambatan atau permasalahan yang dihadapi dalam pelaksanaan Kurikulum 2013 dalam pembelajaran sejarah di SMA Muhammadiyah 3 Surakarta tahun ajaran 2019/2020.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Penelitian ini dilakukan di SMA Muhammadiyah 3 Surakarta. Subjek penelitian ini adalah siswa, guru sejarah, wakil kepala sekolah bagian kurikulum, dan kepala sekolah SMA Muhammadiyah 3 Surakarta. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara dan analisis dokumen. Agar data penelitian yang didapatkan valid, maka peneliti menggunakan triangulasi data dan triangulasi metode. Teknik analisis yang digunakan peneliti yaitu model analisis interaktif. Prosedur penelitian terdiri dari tahap penulisan proposal dan perizinan, pengumpulan data dan aktualisasi awal, aktualisasi akhir dan penarikan kesimpulan, serta tahap penulisan laporan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Pelaksanaan kurikulum 2013 dalam pembelajaran sejarah di SMA Muhammadiyah 3 Surakarta telah berjalan dengan baik, dimana pembelajaran sejarah telah menggunakan pendekatan saintifik. Pendekatan saintifik adalah proses pembelajaran yang dirancang sedemikian rupa agar peserta didik secara aktif membangun konsep, hukum atau prinsip melalui tahapan mengamati, merumuskan masalah, mengumpulkan, menganalisis, menarik kesimpulan dan mengkomunikasikan, (2) Hambatan yang dialami dalam implementasi Kurikulum 2013 dalam pelaksanaan pembelajaran sejarah di SMA Muhammadiyah 3 Surakarta yaitu kurangnya minat dan motivasi siswa dalam pembelajaran sejarah; perubahan dari teacher centered menjadi student centered yang membawa dampak terhadap siswa dan guru; penilaian yang hanya dilakukan oleh satu guru; serta belum lengkapnya sarana prasarana dalam pelaksanaan kurikulum 2013, (3) Upaya dalam rangka mengatasi hambatan implementasi kurikulum 2013 dalam pembelajaran sejarah di SMA Muhammadiyah 3 Surakarta dari pihak guru yaitu guru menggunakan model, metode dan media yang efektif dalam proses pembelajaran. Pihak sekolah juga telah mengusahakan memberi pemahaman atau sosialisasi terhadap perubahan kurikulum. Simpulan penelitian ini adalah pelaksanaan kurikulum 2013 pada pembelajaran sejarah di SMA Muhammadiyah 3 Surakarta sudah berjalan dengan baik meski masih ada beberapa kendala.

Kata kunci: Implementasi,  Kurikulum 2013, pembelajaran sejarah

 

×
Penulis Utama : Warimah
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K4416068
Tahun : 2021
Judul : Implementasi Kurikulum 2013 Dalam Pembelajaran Sejarah di SMA Muhammadiyah 3 Surakarta Tahun Ajaran 2019/2020
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2021
Program Studi : S-1 Pendidikan Sejarah
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. KIP-K4416068
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Musa Pelu, S.Pd., M.Pd.
2. Dadan Adi Kurniawan, S.Pd., M.A.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
View My Stats