Penulis Utama : Zahrotun Nafi’
NIM / NIP : K7117244
×

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menganalisis jenis kesalahan siswa kelas V SD dalam menyelesaikan soal cerita matematika tentang bangun ruang; (2) mendeskripsikan faktor-faktor penyebab kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita tentang bangun ruang; (3) menguraikan alternatif solusi untuk meminimalisir kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita bangun ruang.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif metode studi kasus dengan objek siswa kelas V SD yang berjumlah 24 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini meliputi observasi, tes, wawancara, dan dokumen. Teknik analisis data pada penelitian ini yakni reduksi data, penyajian data, dan verifikasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, jenis kesalahan dan persentase kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita tentang bangun ruang yaitu: reading error = 5,3%, comprehension error = 20,7, transformation error = 24%, process skill error = 11%, encoding error = 20,5%. Kedua, faktor penyebab kesalahan siswa dibagi menjadi dua, yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal di antaranya yaitu: (a) siswa salah mengambil informasi soal, (b) siswa belum memahami kalimat soal, (c) siswa tidak mampu membuat kalimat matematika, (d) siswa salah dalam menghitung, (e) siswa salah menuliskan jawaban akhir. Sedangkan faktor eksternal yaitu: (a) guru tidak menekankan cara memilah informasi dalam soal, (b) guru tidak melakukan variasi metode/ model pembelajaran, (c) guru tidak menekankan cara menyusun kalimat matematika, (d) guru tidak memberikan pembelajaran khusus untuk siswa yang belum paham, (e) guru tidak menekankan satuan dan kesimpulan. Ketiga, alternatif solusi yang diberikan untuk siswa yaitu: (a) teliti dalam mengambil informasi soal, (b) sering mengerjakan soal cerita, (c) memahami cara menyusun kalimat matematika, (d) teliti dalam menghitung, (e) teliti menuliskan jawaban akhir. Sedangkan hal yang dapat dilakukan guru yaitu: (a) menekankan cara memilah informasi soal, (b) memperbanyak pemberian soal cerita dan menggunakan strategi pembelajaran yang efektif, (c) menekankan cara menyusun kalimat matematika, (d) memberikan pembelajaran tambahan untuk siswa yang lamban belajar, (e) menegaskan untuk selalu menuliskan kesimpulan.
Simpulan penelitian ini adalah kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita materi bangun ruang pada kelas V SDN Tambakrejo tahun ajaran  2020/2021 dapat diklasifikasikan dalam 5 jenis kesalahan, yaitu: reading error, comprehension error, transformation error, process skill error, dan encoding error.

Kata Kunci: analisis, kesalahan siswa, soal cerita matematika.

 

×
Penulis Utama : Zahrotun Nafi’
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7117244
Tahun : 2021
Judul : Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Tentang Materi Bangun Ruang pada Kelas V SDN Tambakrejo Kabupaten Purworejo Tahun Ajaran 2020/2021
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2021
Program Studi : S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. KIP-K7117244
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dra. Tri Saptuti Susiani, M.Pd.
2. Drs. Wahyudi, M.Pd
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.