Penulis Utama : Mutiara Danirmala
NIM / NIP : S811708009
×

Penelitian ini bertujuan untuk : (1) mendeskrispsikan bahan ajar IPS yang digunakan selama ini di SMP Islam Diponegoro Surakarta. (2) mengembangkan modul elektronik berbasis ecopedagogy di SMP Islam Diponegoro Surakarta. (3) mendeskripsikan perbedaan pengaruh rerata kelompok eksperimen dan kelompok kontrol dalam meningkatkan sikap peduli lingkungan di SMP Islam Diponegoro Surakarta. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang mengadopsi model pengembangan desain ADDIE yang meliputi lima tahap yakni (1) Tahap pertama, Studi analisis meliputi studi pustaka, studi lapangan, analisis kebutuhan guru dan siswa. (2) Tahap kedua Desain meliputi: Desain modul elektronik IPS berbasis ecopedagogy. (3) Tahap ketiga, Pengembangan meliputi : draf awal produk, validasi ahli, uji coba keterbacaan produk; (4) Tahap keempat Implementasi meliputi implementasi modul elektronik IPS berbasis ecopedagogy serta (5) Tahap kelima, Evaluasi meliputi uji prasarat dan uji keefektifan modul elektronik IPS berbasis ecopedagogy.
Hasil penelitian : (1) Bahan ajar yang digunakan selama ini belum variatif. Hasil riset membuktikan bahwa bahan ajar belum variatif sehingga tidak mampu memberikan pengalaman kepada peserta didik dan berdampak pada rendahnya sikap peduli lingkungan siswa dan siswa cenderung acuh terhadap lingkunganya. (2) Modul elektronik IPS berbasis ecopedagogy memenuhi kriteria Valid ditunjukkan oleh penilaian ahli serta memenuhi kriteria praktis yang ditunjukkan oleh keterlaksanaan modul elektronik IPS berbasis ecopedagogy dan kemampuan pendidik mengelola pembelajaran. (3) modul elektronik IPS berbasis ecopedagogy untuk meningkatkan sikap peduli lingkungan siswa SMP Islam Diponegoro memenuhi kriteria Efektif yang ditunjukkan peningkatan sikap peduli lingkungan siswa serta pencapaian kompetensi belajar siswa. Efektifitas tersebut juga dibuktikan dengan hasil uji-t diperoleh taraf signifikansi sebesar 0,021 < 0> ttabel 1,699 maka Ho ditolak dan H1 diterima atau kelas eksperimen yang menggunakan modul elektronik IPS berbasis ecopedagogy mempunyai sikap peduli lingkungan lebih baik dibandingkan dengan kelas kontrol.

Kata Kunci: Modul Elektronik,IPS,  Ecopedagogy, sikap Peduli Lingkungan.

 

×
Penulis Utama : Mutiara Danirmala
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S811708009
Tahun : 2021
Judul : Pengembangan Modul Elektronik IPS Berbasis Ecopedagogy Untuk Meningkatkan Sikap Peduli Lingkungan Siswa SMP Islam Diponegoro Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2021
Program Studi : S-2 Teknologi Pendidikan
Kolasi :
Sumber : UNS-Pascasarjana-S811708009
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Asrowi, M.Pd.
2. Dr. Akhmad Arif Musadad, M.Pd.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.