Penulis Utama : Annita Nur Kusumastuti
NIM / NIP : S851902005
×

Proses berpikir dalam koneksi matematis merupakan langkah-langkah yang dilakukan dalam mengaitkan topik atau materi dengan materi lain, ilmu lain dan masalah kehidupan sehari-hari. Setiap langkah yang dilakukan peserta didik memiliki arti penting karena setiap langkah memiliki keterkaitan dengan langkah yang lain. Penelitian ini bertujuan: 1) untuk mendeskripsikan proses berpikir dalam koneksi matematis siswa dalam menyelesaikan soal garis dan sudut dengan tipe kepribadian sensing; 2) untuk mendeskripsikan proses berpikir dalam koneksi matematis siswa dalam menyelesaikan soal garis dan sudut dengan tipe kepribadian intuiting.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Subjek penelitian terdiri dari atas 7 peserta didik dari kelas VII SMP Negeri 16 Surakarta yang dipilih menggunakan snowball sampling. Penelitian subjek berdasarkan hasil pekerjjaan peserta didik dan sesuai dengan tipe kepribadian. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah angket tipe kepribadian sensing-intuting, tes koneksi matematis, dan wawancara. Validasi data yang dilakukan dengan triangulasi metode. Teknik analisis data yang dilakukan menggunakan model dari Miles dan Huberman.
Hasil penelitian disimpulkan bahwa: 1) peserta didik sensing menyelesaikan soal garis dan sudut dalam proses berpikir dalam koneksi matematis, pada langkah pembentukan pengertian cenderung menuliskan informasi secara langsung tanpa melalui penafsiran lebih dalam dan menuliskan sesuai dengan apa yang telah dicatatkan oleh guru. Pada langkah pembentukan pendapat peserta didik sensing kurang teliti dalam membaca dan memahami informasi sehingga dalam menyelesaikan permasalahan cenderung ragu-ragu. Selain itu, peserta didik sensing malas untuk mengingat materi yang telah berlalu dan merasa bimbang dengan apa yang musti dilakukan sehingga pada aspek koneksi dengan materi berbeda mengalami kesulitan. 2) peserta didik intuiting pada langkah pembentukan pengertian menyerap terlebih dahulu informasi yang ada kemudian ditulis dengan bahasa sendiri. Selanjutnya, langkah pembentukan pendapat peserta didik intuiting setelah menyerap informasi lalu dibayangkan rencana apa yang akan digunakan dan menggunakannya dengan tepat. Pada langkah penarikan simpulan didik intuiting menghasilkan simpulan dari langkah-langkah yang telah dilalui.
 
Kata kunci: proses berpikir, koneksi matematis, tipe kepribadian, intuiting, sensing

 

×
Penulis Utama : Annita Nur Kusumastuti
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S851902005
Tahun : 2021
Judul : Proses Berpikir Dalam Koneksi Matematis Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 16 Surakarta Ditinjau Dari Tipe Kepribadian
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2021
Program Studi : S-2 Pendidikan Matematika
Kolasi :
Sumber : UNS-Pascasarjana-S851902005
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Budiyono, M.Sc
2. Dr. Dra. Diari Indriati, M.Si.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.