Penulis Utama : Indah Dwi Mulyastuti
NIM / NIP : S851902012
×

Pembelajaran matematika sesuai perkembangan kurikulum 2013 saat ini, didasarkan pada pergeseran paradigma belajar abad 21, salah satunya  communication. Setiap peserta didik memiliki karakteristik yang berbeda-beda dalam berkomunikasi. Perbedaan yang muncul pada setiap peserta didik merupakan akibat dari perbedaan kepribadian. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mendeskripsikan proses komunikasi matematis peserta didik dengan tipe kepribadian Keirsey tipe guardian dalam menyelesaikan soal bangun ruang sisi datar; 2) mendeskripsikan proses komunikasi matematis peserta didik dengan tipe kepribadian Keirsey tipe artisan dalam menyelesaikan soal bangun ruang sisi datar; 3) mendeskripsikan proses komunikasi matematis peserta didik dengan tipe kepribadian Keirsey tipe rasional; dalam menyelesaikan soal bangun ruang sisi datar 4) mendeskripsikan proses komunikasi matematis peserta didik dengan tipe kepribadian Keirsey tipe idealist dalam menyelesaikan soal bangun ruang sisi datar.
Penelitian proses komunikasi matematis ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Peneliti sebagai instrumen utama dibantu dengan angket penggolongan tipe kepribadian Keirsey, tes komunikasi matematis dan pedoman wawancara. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan metode snowball sampling linier. Pemilihan subjek awal dilakukan oleh peneliti dengan memilih empat peserta didik dari masing-masing tipe kepribadian Keirsey, yaitu guardian, artisan, rational dan idealist, kemudian dari keempat subjek awal diminta untuk memilih temannya dengan tipe kepribadian yang sama untuk dijadikan subjek penelitian selanjutnya, dilakukan secara berulang hingga informasi atau data yang diperoleh telah jenuh. Validitas data menggunakan triangulasi metode dengan membandingkan data yang yang dikumpulkan dari hasil tes dan hasil wawancara. Analisis data yang digunakan selama penelitian adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan simpulan.
Hasil penelitian disimpulkan bahwa: 1) peserta didik dengan tipe kepribadian guardian menyelesaikan soal bangun ruang sisi datar dalam proses komunikasi matematis menunjukkan komunikasi logis, kemudian komunikasi simbolik, dan terakhir komunikasi verbal yang baik; 2) peserta didik dengan tipe kepribadian artisan menyelesaikan soal bangun ruang sisi datar dalam proses komunikasi matematis lebih banyak menunjukkan komunikasi logis, kemudian komunikasi verbal, dan sedikit menunjukkan komunikasi simbolik; 3) peserta didik dengan tipe kepribadian rational menyelesaikan soal bangun ruang sisi datar dalam proses komunikasi matematis lebih banyak menunjukkan komunikasi simbolik, namun sedikit menunjukkan komunikasi logis dan komunikasi verbal; 4) peserta didik dengan tipe kepribadian idealist menyelesaikan soal bangun ruang sisi datar dalam proses komunikasi matematis menunjukkan komunikasi logis, komunikasi simbolik, dan komunikasi verbal yang kurang baik.

Kata kunci: bangun ruang sisi datar, komunikasi logis, komunikasi simbolik, komunikasi verbal, proses komunikasi matematis, tipe kepribadian Keirsey

 

×
Penulis Utama : Indah Dwi Mulyastuti
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S851902012
Tahun : 2021
Judul : Proses Komunikasi Matematis Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 1 Purwodadi Ditinjau dari Tipe Kepribadian Keirsey
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2021
Program Studi : S-2 Pendidikan Matematika
Kolasi :
Sumber : UNS-Pascasarjana-S851902012
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Budiyono, M.Sc.
2. Dr. Diari Indriati, M.Si.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.