Penulis Utama : Ela Duwi Kurnia
NIM / NIP : K3217025
×

Ela Duwi Kurnia. KREATIVITAS MEMBUAT DESAIN BUSANA OLEH SISWA KELAS XI TATA BUSANA SMK ISLAM ASH-SHUUFIYAH, KENCONG, JEMBER TAHUN PELAJARAN 2021/2022. Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta. 2022.

Tujuan penelitian ini adalah untuk : (1) Mendeskripsikan proses kreativitas membuat desain busana oleh siswa kelas XI tata busana SMK Islam Ash-Shuufiyah, Kencong, Jember (2) Mendeskripsikan hasil desain busana yang dibuat oleh siswa kelas XI tata busana SMK Islam Ash-Shuufiyah, Kencong, Jember.

Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif dengan strategi kasus tunggal terpancang. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara dan analisis dokumen atau arsip. Data diuji keabsahannya dengan cara triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Analisis data dengan menggunakan model interaktif atau interactive model.

Hasil penelitian adalah sebagai berikut (1) Proses membuat desain busana oleh siswa kelas XI tata busana SMK Islam Ash-Shuufiyah terdiri dari beberapa tahap yaitu tahap pertama menyiapkan alat dan bahan yang diperlukan seperti pensil 2b, penghapus, penggaris, pensil warna, dan kertas gambar ukuran A3. Tahap kedua menentukan ide atau gagasan yang akan dituangkan ke dalam kertas gambar. Tahap ketiga yaitu membuat sketsa yang terdiri dari sketsa proporsi tubuh dan sketsa desain busana. Tahap keempat yaitu tahap mewarnai dengan menggunakan pensil warna. Proses membuat desain busana merupakan proses dimana memerlukan kecakapan, kesabaran, ketekunan serta kreativitas yang baik. (2) Hasil karya desain busana siswa kelas XI tata busana SMK Islam Ash-Shuufiyah yang di capai dari proses membuat desain busana yaitu kemampuan siswa dalam menghasilkan karya desain busana yang sesuai dengan indikator penilaian yang baik, dapat dilihat dari hasil karya siswa kelas XI Tata Busana SMK Islam Ash-Shuufiyah. Dimana karya desain busana siswa masih ada yang belum mencapai standar, dimana siswa belum mampu mengembangkan sumber ide, menerapkan unsur dan prinsip desain serta pemanfaatan alat dan bahan dengan baik. Namun dari 17 karya desain busana siswa, terdapat 10 hasil karya desain busana siswa dikategorikan kreatif. Siswa mampu membuat desain busana dengan baik, dapat dilihat dari kreativitas desain serta penerapan unsur-unsur dan prinsip desain. Kemudian terdapat 6 karya desain busana dikategorikan cukup kreatif. Dan terdapat 1 karya desain busana siswa yang dikategorikan kurang kreatif, siswa belum menerapkan unsur-unsur dan prinsip desain. Berdasarkan hasil karya desain busana tersebut dapat disimpulkan bahwa 59% karya desain busana siswa kelas XI dikategorikan kreatif.

×
Penulis Utama : Ela Duwi Kurnia
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K3217025
Tahun : 2022
Judul : Kreativitas Membuat Desain Busana Oleh Siswa Kelas XI Tata Busana SMK Islam Ash-Shuufiyah, Kencong, Jember Tahun Pelajaran 2021/2022
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2022
Program Studi : S-1 Pendidikan Seni Rupa
Kolasi :
Sumber : .
Kata Kunci : kreativitas, desain, busana
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dra. MY. Ning Yuliastuti, M.Pd.
2. Dr. Edi Kurniadi, M.Pd.
Penguji : 1. Prof . Dr. Mulyanto, M.Pd.
2. Endang Sri Handayani, S.Sn., M.Sn.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.