Penulis Utama : Yosua Panca Setia Pamungkas
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D0214106
Tahun : 2022
Judul : Studi Deskriptif Kualitatif dalam Retorika Penyampaian Khotbah Ps. Nita Setiawan melalui Kanal Youtube Keluarga Allah Jakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. ISIP - 2022
Kolasi :
Sumber :
Subyek : -
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Kehadiran internet membuat kemajuan teknologi komunikasi menjadi pesat termasuk dengan penyebaran ajaran agama kristen, terkhusus khotbah yang kini bisa kita dapati melalui tayangan Youtube. Meski melalui media baru, dalam penyampaiannya tetap menggunakan retorika. Pastor Nita Setiawan adalah seorang pendeta wanita dan memiliki gaya retorika yang khas, sekaligus wakil gembala sidang Gereja Bethel Indonesia Keluarga Allah. Selain itu dengan posisi Ps. Nita Setiawan yang memuncaki video terpopuler di kanal Youtube Keluarga Allah Jakarta serta tiap kanal Youtube ke-7 gereja terbesar dan termegah di Indonesia, peneliti tertarik melakukan penelitian tentang Retorika Khotbah Pastor Nita Setiawan melalui Youtube.
Penelitian ini menggunakan pendekatan teknik analisis isi kualitatif. Sedang analisis datanya menggunakan metode deskripsi analisis. Penelitian ini menggunakan teori lima hukum retorika milik Aristoteles. Data dikumpulkan dari video khotbah Ps. Nita Setiawan pada kanal Youtube Keluarga Allah Jakarta.
Hasil penelitian ini adalah Ps. Nita Setiawan menggunakan lima hukum retorika sebagai proses penciptaan materi khotbah yaitu (a) Inventio (Penemuan), temuan yang didapatkan melalui kisah jemaat, wawasan pengkhotbah serta berdasarkan kejadian nyata. (b) Dispositio (Penyusunan) sistematika susunan khotbah, antara lain pendahuluan yang berisi sapaan dan kalimat pengantar. Kemudian pernyataan, argumen, dan pembuktian berisi ayat, ajaran alkitab dan kisah jemaat yang dikemas dalam analogi supaya mudah dimengerti jemaat. Kemudian ditutup dengan epilog (penutup) berisi pesan yang harus dilakukan jemaat atau pengulangan pesan supaya jemaat dapat mengingatnya. (c) Elocutio (Gaya), terdapat 14 gaya bahasa dengan Asidenton sebagai gaya bahasa terbanyak sejumlah 142 dan gaya bahasa lain seperti, Asonansi, Polisidenton, Hiperbola, Eufemismus, Pleonasme, Tautology, Aliterasi, Anastrof, Koreksio, Elipsis, Prolepsis, Erotesis dan Apostrof. (d) Memoria (ingatan), Ps. Nita Setiawan menjadikan pengalamannya dan pengalaman jemaat sebagai media supaya jemaat mudah mengingat pesannya. (e) Pronuntiatio (penyampaian), dalam berkhotbah Ps. Nita Setiawan menyampaikannya dengan tiga rukun yakni memandang audiens, mengolah vokal, dan mengolah visual yang cenderung aktif dan ekspresif.

Kata Kunci : Youtube, Retorika, Lima Hukum Retorika, Khotbah, Ps. Nita Setiawan

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
COVER.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
DAFTAR PUSTAKA.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Andre Noevi Rahmanto S.Sos., M.Si.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP