Penulis Utama : Winda Pramesty Ayu Nurrohmah
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D1518099
Tahun : 2021
Judul : Sistem Pembayaran Ekspor Garmen Pada PT Sari Warna Asli Textile Industry Kota Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - Sekolah Vokasi - 2021
Kolasi :
Sumber : UNS-Sekolah Vokasi-D1518099
Subyek : -
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Sistem pembayaran adalah aturan-aturan yang berlaku yang digunakan dalam kegiatan pembayaran perdagangan. Ekspor merupakan kegiatan mengeluarkan barang maupun jasa dari dalam daerah pabean ke luar daerah pabean. PT Sari Warna Asli Textile Industry Kota Surakarta merupakan salah satu pelaku perdagangan internasional yang berperan sebagai eksportir. Eksportir yaitu pihak yang menjual barang kepada importir. Perusahaan yang bergerak dibidang pembuatan pakaian jadi ini sudah memiliki banyak buyer dari dalam maupun luar negeri. Maka dari itu, kejelasan dan keamanan sistem pembayaran internasional menjadi suatu hal yang perlu diperhatikan agar pihak eksportir maupun pihak importir tidak mengalami kerugian. Dalam transaksi pembayaran internasional PT Sari Warna Asli Textile Industry Kota Surakarta menggunakan Telegraphic Transfer dan Letter of Credit sebagai sistem pembayarannya.
Penulis melakukan pengamatan di PT Sari Warna Asli Textile Industry Kota Surakarta yang mana merupakan tempat penulis melakukan kegiatan Kuliah Magang Mahasiswa (KMM). Pengamatan ini memiliki tujuan untuk mendeskripsikan mengenai sistem pembayaran ekspor garmen yang digunakan oleh PT Sari Warna Asli Textile Industry Kota Surakarta. Jenis pengamatan yang digunakan penulis yaitu observasi partisipatif. Sedangkan metode pengamatan yang digunakan oleh penulis yaitu metode kualitatif yang terdiri dari wawancara, observasi, dan mengkaji dokumen dalam pengambilan datanya. Landasan teori dari penulisan tugas akhir ini penulis peroleh dari buku-buku dan website yang di dalamnya terdapat penjelasan mengenai sistem pembayaran internasional.
Letter of Credit adalah dokumen yang diterbitkan oleh bank atas permintaan importir yang ditujukan kepada eksportir. Sistem pembayaran ini dianggap lebih aman karena memberikan jaminan kepada eksportir maupun importir. Sedangkan Telegraphic Transfer merupakan sistem pembayaran ekspor yang sederhana dan tidak rumit karena alur transaksinya tidak memakan banyak waktu dan dokumen yang digunakan tidak sebanyak sistem pembayarana yang lain, sehingga memudahkan eksportir maupun importir dalam melaksanakan kegiatan ekspor. Biasanya transaksi pembayaran menggunakan Telegraphic Transfer digunakan oleh anak perusahaan atau mitra dagang yang sudah dipercaya.
     
Kata Kunci  : Sistem Pembayaran, Pembayaran Ekspor

 

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Judul.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
Daftar Pustaka.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Priyanto Susiloadi, M.Si.
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Vokasi