Penulis Utama : Devi Septiana
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : F0218024
Tahun : 2022
Judul : Perubahan Kondisi Fundamental dan Peringkat Obligasi Perusahaan di Indonesia
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ekonomi dan Bisnis - 2022
Kolasi :
Sumber :
Subyek : -
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

ABSTRAK

“PERUBAHAN KONDISI FUNDAMENTAL DAN PERINGKAT OBLIGASI PERUSAHAAN DI INDONESIA”

 

Disusun oleh:

Devi Septiana

F0218024

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh perubahan kondisi fundamental (leverage, profitabilitas, penjualan, kas, dividen, coverage, dan laba bersih) terhadap upaya recovery peringkat obligasi. Variabel independen dalam penelitian ini adalah leverage, profitabilitas, penjualan, kas, dividen, coverage, dan laba bersih. Variabel dependen dalam penelitian ini adalah recovery.

Penelitian menggunakan data sekunder yaitu data obligasi dari PT. Pemeringkat Efek Indonesia (PEFINDO) dan laporan keuangan tahunan dari Bursa Efek Indonesia (BEI). Pemilihan sampel yaitu menggunakan purposive sampling. Penelitian ini menggunakan total sampel sebanyak 108 observasi selama periode pengamatan tahun 2018-2020. Data yang telah dikumpulkan kemudian dianalisis menggunakan Multinomial Logistic Regression dengan alat pengolah data SPSS 26.

Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa profitabilitas, penjualan dan dividen berpengaruh signifikan terhadap recovery. Sedangkan leverage, kas, coverage, laba bersih dan sektor tidak berpengaruh signifikan terhadap recovery. Berdasarkan hasil penelitian, penulis memberikan saran bagi investor yaitu dapat menjadikannya sebagai referensi untuk menentukan keputusan dalam membeli obligasi. Sedangkan, bagi perusahaan agar lebih memahami kinerja perusahaannya dilihat dari perubahan kondisi fundamentalnya agar dapat melakukan recovery peringkat obligasi. Penelitian selanjutnya diharapkan dapat menambahkan variabel lain baik dari segi finansial maupun non finansial seperti ukuran perusahaan, likuiditas, jaminan dan reputasi perusahaan.

 

Kata kunci : rasio keuangan, recovery, peringkat obligasi

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran.pdf
Daftar Pustaka.pdf
Bab 5.pdf
Bab 4.pdf
Bab 3-1.pdf
Bab 2.pdf
Bab 1.pdf
File halaman cover.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. HERU AGUSTANTO S.E.,M.S.M
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis