Penulis Utama : Sakinah
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : M0617040
Tahun : 2022
Judul : Formulasi Dan Uji Aktivitas Antioksidan Sediaan Masker Peel-Off Ekstrak Teh Hijau (Camellia Sinensis L.) Berbasis Nanoemulsi Dengan Variasi Konsentrasi Polivinil Alkohol Dan Hidroksi Propil Metil Selulosa
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. MIPA - 2022
Kolasi :
Sumber :
Subyek : -
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

ABSTRAK
Pemberian antioksidan dari senyawa flavonoid yang terkandung dalam teh (Camellia sinensis L.) dengan menggunakan nanoemulsi dapat meningkatkan penyerapan zat aktif. Penggunaan nanoemulsi dapat diformulasikan dalam masker peel off. Variasi konsentrasi Polivinil Alkohol (PVA) dan Hidroksi Propil Metil selulosa (HPMC) sebagai basis gel dapat menghasilkan masker dengan sifat fisik dan kimia yang baik. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengaruh nanoemulsi ekstrak teh hijau terhadap aktivitas antioksidan serta pengaruh variasi konsentrasi PVA dan HPMC pada formulasi sediaan masker peel off berbasis nanoemulsi terhadap sifat fisik dan kimia sediaan.
Formula prekonsentrat nanoemulsi dibuat dari minyak VCO, surfaktan Tween 80, dan kosurfaktan PEG 400. Pengujian antioksidan pada ekstrak teh hijau dan prekonsentrat nanoemulsi ekstrak teh hijau dilakukan dengan metode spektrofotometri UV-Vis untuk mengetahui pengaruhnya terhadap aktivitas antioksidan. Formulasi masker peel off ekstrak teh hijau berbasis nanoemulsi dibuat dalam 3 formula dengan variasi konsentrasi PVA dan HPMC dan dilakukan uji fisik dan kimia sediaan selama 28 hari penyimpanan.
Pada penelitian ini didapatkan hasil aktivitas antioksidan kategori sangat kuat yaitu 6,58 ?g/mL pada ekstrak teh hijau dan 11,43 ?g/mL setelah formulasi dalam prekonsentrat nanoemulsi ekstrak teh hijau. Pada uji sifat fisik dan kimia sediaan masker peel off variasi konsentrasi PVA dan HPMC selama 28 hari terjadi perubahan signifikan pada parameter uji pH, viskositas dan waktu kering. Uji pH dan viskositas memiliki hasil peningkatan selama penyimpanan yaitu pada ketiga formula. Uji waktu kering memiliki hasil perubahan waktu kering pada formula 2 dan formula 3.

File Dokumen Tugas Akhir : Tidak ada file.
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr.apt. Dinar Sari CW, S.Farm., M.Si
2. apt. Syaiful Choiri, S.Farm., M.Pharm.Sci.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. MIPA