Penulis Utama : Yoakim Vocalio Buwana
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : E0017496
Tahun : 2021
Judul : Peran Badan Arbitrase National Dispute Resolution Chamber (NDRC) Dalam Menyelesaiakan Sengketa Pemain Sepak Bola di Indonesia
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Hukum - 2021
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Hukum-E0017496
Subyek : -
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Penelitian ini mendeskripsikan dan mengkaji permasalahan, pertama peran National Dispute Resolutinon Chamber (NDRC) Indonesia dalam menyelesaikan sengketa pemain sepakbola di Indonesia sudah sesuai dengan teori dan hukum arbitrase yang mengatur di Indonesia serta penggunaan hukum lain yang serupa dapat diterapkan. Kedua, implikasi hukum dari putusan arbitrase tersebut sudah dapat bekerja secara efektif dan maksimal atau belum.
Penelitian ini merupakan penelitian hukum normatif bersifat deskriptif. Jenis bahan hukum yang dipakai meliputi bahan hukum primer, sekunder dan tersier. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah studi kepustakaan melalui media elektronik kemudian dikuatkan dengan wawancara. Teknik analisis yang digunakan adalah teknik analisis dengan metode deduktif.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa NDRC merupakan secercah harapan dalam upaya transformasi sepakbola Indonesia menjadi lebih dewasa dan profesional. NDRC Indonesia memiliki kewenangan penuh dalam menyelesaikan sengketa pemain sepakbola di Indonesia khususnya sengketa yang terjadi akibat wanprestasi pada kontrak mereka. Namun pada praktiknya dalam pengawalan putusan tersebut belum ditegakkan secara efektif dan maksimal. Perlu adanya sinergi yang tepat dari berbagai stakeholders terkait dalam upaya membangun sepakbola Indonesia menjadi lebih baik.

Kata Kunci: NDRC, Kontrak, Arbitrase, Sengketa

 

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Judul.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
Daftar Pustaka.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Adi Sulistiyono, SH., MH
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Hukum