Penulis Utama : Inge Mireya Thalia P
NIM / NIP : K2314020
×

Inge Mireya Thalia Putriardi. K2314020. REMEDIASI PEMBELAJARAN FISIKA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL LEARNING CYCLE 5E UNTUK MEREDUKSI MISKONSEPSI SISWA PADA MATERI FLUIDA STATIS KELAS XI IPA SMA NEGERI 8 SURAKARTA. Skripsi. Surakarta: Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan. Universitas Sebelas Maret Surakarta, Januari 2022.

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui profil miskonsepsi siswa dan pengaruh penggunaan model Learning Cycle 5E pada penurunan tingkat miskonsepsi pada materi Fluida Statis. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 2 di SMAN 8 Surakarta yang berjumlah 32 siswa. Perlakuan yang diberikan yaitu dengan pemberian tes diagnostik awal (pretest) untuk mengetahui profil miskonsepsi siswa, kemudian siswa diberikan pembelajaran menggunakan model Learning Cycle 5E, dan diberikan tes diagnostik akhir (postest) untuk mengetahui penurunan tingkat miskonsepsi siswa setelah dilakukan pembelajaran remediasi. Data diperoleh melalui tes diagnostik miskonsepsi tiga tahap. Tahap pertama pada tes diagnostik berupa pertanyaan berbentuk pilihan ganda, tahap kedua yaitu alasan dari soal tahap pertama, dan tahap ketiga yaitu mengidentifikasi tingkat kepercayaan diri siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa mengalami miskonsepsi pada konsep Hukum Utama Hidrostatis, Hukum Pascal, Hukum Archimedes, gejala kapilatiras dan viskositas. Berdasarkan analisis data sebanyak 67,71% siswa mengalami miskonsepsi sebelum pembelajaran remediasi. Setelah dilakukan remediasi menggunakan model Learning Cycle 5E, miskonsepsi yang dialami siswa mengalami penurunan menjadi 31,94%. Penurunan persentase siswa yang mengalami miskonsepsi sebesar 33,85%. Berdasarkan penurunan persentase jumlah siswa yang mengalami miskonsepsi tersebut dapat disimpulkan bahwa model Learning Cycle 5E dapat menurunkan tingkat miskonsepsi siswa pada materi Fluida Statis.

×
Penulis Utama : Inge Mireya Thalia P
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K2314020
Tahun : 2022
Judul : Remediasi Pembelajaran Fisika Dengan Menggunakan Model Learning Cycle 5E untuk Mereduksi Miskonsepsi Siswa Pada Materi Fluida Statis Kelas XI IPA SMA Negeri 8 Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2022
Program Studi : S-1 Pendidikan Fisika
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : Remediasi, Miskonsepsi, Fluida Statis, Learning Cycle 5E
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Sukarmin, S.Pd., M.Si., Ph.D.
2. Elvin Yusliana Ekawati, S.Pd, M.Pd.
Penguji : 1. Dr. Sri Budiawanti, S.Si., M.Si.
2. Dra. Rini Budiharti, M.Pd.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.