Penulis Utama : Lusi Hikmawati
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : H0417039
Tahun : 2021
Judul : Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pengambilan Keputusan Petani Dalam Penggunaan Asuransi Usahatani Padi (AUTP) di Kecamatan Selogiri, Kabupaten Wonogiri
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Pertanian - 2021
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Pertanian-H0417039
Subyek : -
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Petani menghadapi risiko ketidakpastian yang cukup tinggi dalam usahatani hingga mengakibatkan gagal panen. Risiko ketidakpastian dalam usahatani meliputi banjir, kekeringan, dan serangan hama penyakit. Salah satu upaya pemerintah untuk melindungi petani dalam penanganan risiko ketidakpastian dilakukan dengan penggunaan Asuransi Usahatani Padi (AUTP). Petani akan memperoleh ganti rugi atau klaim jika gagal panen dan dapat dijadikan modal untuk melanjutkan usahataninya. Permasalahan yang terjadi yaitu belum banyak petani  yang  menggunakan  Asuransi  Usahatani  Padi  (AUTP)  di  Kecamatan Selogiri, sehingga perlu dilakukan penelitian faktor-faktor yang mempengaruhi pengambilan  keputusan  petani  dalam  penggunaan  Asuransi  Usahatani  Padi (AUTP) di Kecamatan Selogiri, Kabupaten Wonogiri.
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji faktor-faktor yang mempengaruhi pengambilan keputusan petani dalam penggunaan Asuransi Usahatani Padi (AUTP), mengkaji pengambilan keputusan petani dalam penggunaan Asuransi Usahatani  Padi  (AUTP),  dan  mengkaji  pengaruh  faktor-faktor  yang mempengaruhi pengambilan keputusan dengan pengambilan keputusan petani dalam penggunaan Asuransi Usahatani Padi (AUTP) di Kecamatan Selogiri, Kabupaten Wonogiri. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode penelitian kuantitatif dengan teknik survei. Penentuan lokasi penelitian dilakukan dengan cara purposive di Kecamatan Selogiri, Kabupaten Wonogiri. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 280 petani yang menggunakan Asuransi Usahatani Padi (AUTP). Pengambilan sampel dilakukan dengan cara proportional random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 70 petani. Analisis data penelitian menggunakan regresi linier berganda dengan program IBM SPSS Statistics 22.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengambilan keputusan petani dalam penggunaan Asuransi Usahatani Padi (AUTP) termasuk dalam kategori tinggi. Secara serentak faktor-faktor yang mempengaruhi pengambilan keputusan berpengaruh  signifikan  terhadap  pengambilan  keputusan  petani  dalam penggunaan Asuransi Usahatani Padi (AUTP) di Kecamatan Selogiri, Kabupaten Wonogiri.  Faktor-faktor  yang  mempengaruhi  pengambilan  keputusan  secara parsial yang berpengaruh signifikan yaitu pendidikan, pengalaman usahatani, tingkat pengambilan risiko, dan tingkat keaktifan penyuluh, sedangkan yang tidak berpengaruh signifikan yaitu pendapatan, luas lahan, dan kemudahan penggunaan.

 

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Judul.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
BAB VI.pdf
Daftar Pustaka.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Ir. Sugihardjo, M.S.
2. Putri Permatasari, S.P., M.Si.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Pertanian