Penulis Utama : Abi Rizki Alviandri
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : I0117002
Tahun : 2021
Judul : Sistem Pendukung Keputusan Prioritas Pemeliharaan (Studi Kasus : Saluran Sekunder Kendal Kiri di Daerah Irigasi Pacal)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Teknik - 2021
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Teknik-I0117002
Subyek : -
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Pemeliharaan dan perbaikan prasarana Irigasi mempengaruhi kinerja sebuah jaringan irigasi. Tujuan penelitian ini adalah menentukan prioritas pemeliharaan segmen segmen Saluran Sekunder Kendal Kiri pada Daerah Irigasi Pacal. Saluran tersebut dibagi menjadi 3 segmen. Penentuan Prioritas pemeliharaan saluran menggunakan metode Simple Additive Weighting (SAW). Kriteria yang dipertimbangkan yaitu kondisi fisik, efisiensi pengaliran, dan luas layanan. Nilai kondisi fisik mengacu kepada indeks kondisi dalam penilaian kinerja prasarana fisik pada Permen PU No.12/PRT/M/2015.
Luas layanan mengacu pada luas petak sawah yang terpengaruh. Sementara efisiensi saluran dilihat dari perbandingan debit air hulu dan hilir. Tabulasi nilai kriteria dibuat menjadi database dilakukan menggunakan MySQL. Program perhitungan urutan prioritas pemeliharaan dikembangkan dengan bahasa pemrograman Phyton 3.0. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa urutan prioritas pemeliharaan segmen-segmen di Saluran Sekunder Kendal Kiri yaitu Segmen 1 dengan nilai 0,9769 (97,69%) , Segmen 2 dengan nilai 0,8534 (85,34%), dan yang terakhir Segmen 3 dengan nilai 0, 8507 (85,07%).

Kata kunci : Sistem Pendukung Keputusan, Simple Additive Weighting, Python
3.0, prioritas pemeiharaan

 

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Judul.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
Daftar Pustaka.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr.Ir. RR Rintis Hadiani, M.T.
2. Antonius Suryono, S.H., S.T.,M.MT
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Teknik