Penulis Utama : Bela Putri Alifyya
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : I0117030
Tahun : 2021
Judul : Kajian Karbonasi dan Serapan CO2 Pada Beton Bubuk Reaktif dengan Variasi Komposisi Silica Fume
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Teknik - 2021
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Teknik-I0117030
Subyek : -
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Pembangunan infrastruktur di Indonesia saat ini berkembang pesat, diikuti dengan meningkatnya kebutuhan beton. Beton merupakan komponen struktur yang dominan dalam konstruksi sehingga diperlukan inovasi beton yang dapat memenuhi kebutuhan beton mutu tinggi. Durabilitas beton merupakan faktor selain mutu yang harus diperhatikan. Beton dituntut memiliki kemampuan untuk dapat bertahan pada kondisi apapun selama kurun waktu yang telah direncanakan. Beton pada lingkungan dengan konsentrasi CO2 yang tinggi dapat mengalami karbonasi yang akan mempengaruhi durabilitas beton. Oleh karena itu, inovasi beton mutu tinggi dikembangkan melalui perbaikan material penyusun beton dan penambahan bahan tambah (admixture) yang bersifat pozzolan yaitu silica fume. Beton ini disebut dengan Beton Bubuk Reaktif (Reactive Powder Concrete) dimana material penyusun beton berukuran nanometer dan menghilangkan agregat kasar.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penambahan variasi silica fume 0%; 5%; 10%; 15%; 20?n 25% terhadap laju karbonasi dan serapan CO2 pada beton RPC. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah eksperimental. Benda uji yang digunakan yaitu beton berbentuk silinder dengan tinggi 15 cm dan diameter 7,5 cm. Pengujian karbonasi dilakukan dengan uji karbonasi dipercepat dengan cara memaparkan benda uji yang telah di-seal bagian sampingnya ke dalam larutan karbonat 4% selama 15 hari, 37 hari, dan 51 hari kemudian benda uji dibelah dengan alat Compression Testing Machine (CTM) lalu disemprotkan indikator phenolphthalein 1% untuk dapat mengetahui kedalaman karbonasi yang terjadi. Pengujian serapan CO2 dilakukan dengan cara merendam benda uji ke dalam larutan karbonat 4% selama 10+0,5 menit dan 24 jam kemudian menimbang benda uji dalam keadaan SSD dan membandingkan dengan berat kering ovennya.
Hasil dari penelitian ini yaitu laju karbonasi dan nilai serapan CO2 pada beton RPC mengalami penurunan pada kadar substitusi silica fume 5%; 10?n 15?ri berat semen dan mengalami peningkatan pada kadar substitusi silica fume 20?n 25?ri berat semen. Kadar substitusi silica fume 15% menghasilkan laju karbonasi dan nilai serapan CO2 terendah. Substitusi silica fume 15?pat menurunkan laju karbonasi dengan nilai koefisien karbonasi nominal sebesar 2,75 mm/tahun1/2 dan mengalami penurunan sebesar 49,88?ri beton normal. Nilai serapan CO2 juga menurun pada substitusi silica fume 15% sebesar 83,57 % pada perendaman 10+0,5 menit dan 71,76% pada perendaman 24 jam. Penambahan silica fume dan penggunaan faktor air semen yang rendah menyebabkan workability beton segar menurun.

Kata Kunci : beton mutu tiggi, beton bubuk reaktif, silica fume, karbonasi, serapan

 

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Judul.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
Daftar Pustaka.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Wibowo, S.T., DEA.
2. Dr. Eng. Halwan Al?sa Saifullah, S.T., M.T
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Teknik