Penulis Utama : Natanael Feby Raenaldi
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K1217047
Tahun : 2021
Judul : Konflik Sosial dan Nilai Pendidikan Karakter Dalam Naskah Drama Dhemit Karya Heru Kesawa Murti dan Pemanfaatannya Sebagai Bahan Ajar Bahasa Indonesia Bagi Siswa SMA
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2021
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. KIP-K1217047
Subyek : -
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Naskah drama adalah representasi kehidupan masyarakat yang di dalamnya tak luput dari adanya konflik sosial. Konflik sosial dalam naskah drama adalah gambaran dari konflik yang terjadi di masyarakat sehingga dalam naskah drama sering terjadi persinggungan antar tokoh sehingga sangat perlu untuk dikemukakan konflik yang terjadi di dalamnya disertai nilai pendidikan karakter yang dapat diambil dari adanya konflik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan (1) konflik sosial yang terdapat dalam naskah Dhemit karya Heru Kesawa Murti; (2) nilai pendidikan karakter yang terdapat dalam naskah Dhemit karya Heru Kesawa Murti; serta (3) pemanfaatan konflik sosial dan nilai pendidikan karakter naskah Dhemit karya Heru Kesawa Murti sebagai bahan ajar bahasa Indonesia siswa SMA.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan pendekatan analisis dokumen dan wawancara informan. Data berupa dokumen konflik sosial, nilai pendidikan karakter, dan hasil wawancara. Sumber data berupa dokumen dan informan. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik analisis dokumen dan wawancara. Validitas data dilakukan dengan triangulasi teori dan triangulasi sumber. Teknik analisis data dengan menggunakan teknik analisis interaktif.
Ada pun hasil penelitian diuraikan sebagai berikut: (1) Konflik sosial dalam naskah drama Dhemit terjadi manusia dengan manusia, manusia dengan dhemit, serta dhemit dengan dhemit. Konflik terjadi disebabkan oleh perbedaan pandangan antar tokoh, kekeraskepalaan tokoh dan adanya dominasi atau hegemoni tokoh, tidak adanya ruang dialog, serta perbedaan mengenai kepercayaan mengenai dhemit atau makhluk halus. Konflik antara manusia dengan dhemit lebih dominan daripada dua konflik lainnya; (2) Nilai pendidikan karakter yang terdapat dalam naskah drama Dhemit yakni nilai pendidikan peduli sosial dan toleransi. Nilai pendidikan karakter didominasi oleh nilai toleransi; dan (3) Naskah drama Dhemit dapat dijadikan bahan ajar Bahasa Indonesia bagi siswa SMA karena sesuai dengan KI dan KD dengan memuat isi dan kebahasaan disertai alur, konflik, serta babak demi babak disertai adanya tokoh. Selain itu, naskah drama Dhemit juga memuat nilai   pendidikan karakter sehingga sesuai dengan karakteristik kebutuhan pembelajaran siswa.

Kata kunci: konflik sosial, nilai pendidikan karakter, naskah drama Dhemit, bahan ajar drama

 

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Judul.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
Daftar Pustaka.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Sarwiji Suwandi, M.Pd.
2. Dr. Kundharu Saddhono, S.S, M.Hum.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP