Penulis Utama : Lia Khairunnisa
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S021908025
Tahun : 2021
Judul : Meta-Analisis Hubungan Antara Obesitas dan Periodontitis pada Orang Dewasa
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2021
Kolasi :
Sumber : UNS-Pascasarjana-S021908025
Subyek : -
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Latar Belakang: Risiko penyakit periodontal 2,9 kali lebih tinggi pada kelompok obesitas dibandingkan dengan kelompok normal. Periodontitis adalah salah satu dari 10 penyakit kronis paling umum yang mempengaruhi populasi dunia. Obesitas berkontribusi pada peningkatan kompleksitas patogen periodontal dan peningkatan sitokin inflamasi. Perubahan gaya hidup, termasuk asupan gula tambahan yang lebih tinggi, meningkatkan kerentanan terhadap ketidakseimbangan energi yang sering menyebabkan penambahan berat badan  dan konsekuensi kesehatan jangka panjang lainnya termasuk periodontitis. Penelitian ini bertujuan untuk mengestimasi hubungan antara obesitas dan periodontitis pada orang dewasa berdasarkan hasil sejumlah penelitian sebelumnya.
Subjek dan Metode: Penelitian ini merupakan studi sistematis dan meta-analisis. Artikel yang digunakan dalam penelitian ini diperoleh dari beberapa database antara lain PubMed, ScienceDirect dan Google Scholar. Artikel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu artikel yang telah dipublikasi dari tahun 2000-2021. Pencarian artikel dilakukan dengan mempertimbangkan kriteria kelayakan yang didefinisikan dengan menggunakan model PICO. Population dalam penelitian yaitu orang dewasa dengan intervention berupa obesitas, comparison yaitu tidak obesitas serta outcomes berupa periodontitis. Artikel ini dikumpulkan selama 1 bulan. Kata kunci untuk mencari artikel adalah sebagai berikut: “Adult” AND “obesity” OR “body mass index” AND “periodontitis” OR “periodontal disease” ;AND “adjusted odds ratio”. Artikel yang termasuk dalam penelitian ini adalah artikel full text dengan desain studi cross sectional. Artikel dikumpulkan menggunakan PRISMA flow diagram. Artikel dianalisis menggunakan aplikasi Review Manager 5.3.
Hasil: Sebanyak 11 artikel ditinjau dalam penelitian ini. Studi menunjukkan bahwa, Obesitas dapat meningkatkan kejadian peridontitis pada orang dewasa sebanyak 1.23 kali dibandingkan dengan tidak obesitas (aOR 1.23; CI 95% 1.15 hingga 1.33; p< 0>Kesimpulan: Obesitas meningkatkan peridontitis pada orang dewasa

Kata kunci: Obesitas, Body Mass Index, Periodontitis, Periodontal Disease

 

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Judul.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
BAB VI.pdf
Daftar Pustaka.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Yulia Lanti Retno Dewi, dr., M.Si.
2. Dr. Eti Poncorini Pamungasari, dr., M.Pd.
Catatan Umum :
Fakultas : Pascasarjana