Penulis Utama : Wulandari
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S021908047
Tahun : 2021
Judul : Meta-Analisis Pengaruh Intervensi Berbasis Sekolah Untuk Nutrisi dan Aktivitas Fisik Terhadap Body Mass Index
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2021
Kolasi :
Sumber : UNS-Pascasarjana-S021908047
Subyek : -
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Latar Belakang: : Body mass indeks (BMI) merupakan metrik yang digunakan untuk mendefinisikan karakteristik antropometri dan mengklasifikasikan interpretasi indeks kegemukan individu.Obesitas merupakan kelebihan massa lemak tubuh. The International Association For The Study Of Obesity (IASO) dan International Obesity Task Force (IOTF) memperhitungkan bahwa 200 juta anak sekolah di seluruh dunia mengalami kelebihan berat badan atau obesitas. Penelitian ini bertujuan untuk Mengestimasi besarnya pengaruh intervensi berbasis sekolah untuk nutrisi dan aktivitas fisik terhadap body mass index (BMI) berdasarkan sejumlah studi primer terdahulu.
Subjek dan Metode: Penelitian ini merupakan studi sistematis dan meta- analisis,dengan PICO sebagai berikut Population= siswa (SMP) dan (SMA) dengan obesitas. Intervention= Intervensi berbasis sekolah untuk nutrisi dan aktivitas fisik. Comparison= tidak ada intervensi. outcomes berupa body mass index. Artikel yang digunakan dalam penelitian ini diperoleh dari beberapa database antara lain PubMed, ScienceDirect dan Google Scholar. Artikel ini dikumpulkan selama 1 bulan. Kata kunci untuk mencari artikel adalah sebagai berikut: “School- based interention” AND“Nutrition ” ” AND “Physical Activity” “AND “ Obesity “ AND “BMI” OR “Body Mass Index” AND “Randomized Controlled Trial”. Artikel yang termasuk dalam penelitian ini adalah artikel full text dengan desain studi Randomized Controlled Trial. Artikel dikumpulkan menggunakan PRISMA flow diagram. Artikel dianalisis menggunakan aplikasi Review Manager 5.3
Hasil: Sebanyak 9 artikel ditinjau dalam penelitian meta-analisis ini.Studi menunjukkan bahwa Intervensi berbasis sekolah untuk nutrisi berpengaruh dalam menurunkan body mass index (SMD= -0.23; CI 95 % -0.39 hingga 0.007 p= 0.005) dan Intervensi berbasis sekolah untuk aktivitas fisik berpengaruh dalam menurunkan body mass index (SMD= -0.22; CI 95% -0.45 hingga 0.00 p=0.05) dan Kesimpulan: Intervensi berbasis sekolah untuk nutrisi dan aktivitas fisik menurunkan body mass index.

Kata kunci: Intervensi berbasis sekolah, nutrisi, aktivitas fisik, body mass index.

 

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Judul.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
BAB VI.pdf
Daftar Pustaka.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Yulia Lanti Retno Dewi, dr., M.Si.
2. Prof. Bhisma Murti, dr., MPH., M.Sc., Ph.D.
Catatan Umum :
Fakultas : Pascasarjana