Penulis Utama : Kuhafeesah Rongso
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S231908028
Tahun : 2021
Judul : Pola Komunikasi Keluarga dalam Memilih Makanan Halal di Provinsi Yala, Thailand
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2021
Kolasi :
Sumber : UNS-Pascasarjana-S231908028
Subyek : -
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menjelaskan pola komunikasi yang berorientasi percakapan dan konformitas serta cara adaptasi keluarga Muslim dalam pemilihan makanan halal di provinsi Yala, Thailand.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif yaitu prosedur penelitian yang menghasilkan data deskripsi berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang dapat diamati dengan menggunakan studi kasus. Penelitian ini dilaksanakan secara online dengan penduduk Muslim di Provinsi Yala, Thailand. Informan dalam penelitian ini adalah orang tua dan anak dari berbagai keluarga Muslim. Teknik purposive sampling merupakan metode untuk mengidentifikasi, memilih, dan mengambil sampel dalam jaringan yang berkelanjutan. Data primer dalam penelitian ini didapatkan melalui wawancara mendalam (In-depth interview). Teknik  pengumpulan  data dalam  penelitian  komunikasi  kualitatif  pada umumnya berupa informasi (informan kunci / primer dan pendukung) untuk mendapatkan data primer.
Hasil penelitian ini mengemukakan komunikasi keluarga berupa proses komunikasi yang  berlangsung  dengan  isi  pesan  komunikasinya  lebih  bersifat  kekeluargaan, dimana menyangkut perencanaan, pembinaan, dan pendidikan terhadap seluruh anggota keluarga dalam menentukan pemilihan makanan halal. Sehingga, keluarga Muslim di Provinsi Yala, Thailand menjadi lebih ber pluralistik dalam pemilihan makanan halal, dengan berorientasi percakapan tinggi dan konformitas lebih rendah. Meskipun keluarga Muslim tersebut juga sangat mengutamakan pola hidup  yang berdasarkan ajaran syariah Islam, mereka tidak dapat terpisah dari budaya setempat. Hal ini menimbulkan cara beradaptasi yang berbeda antar anggota keluarga, dikarenakan pergaulan dengan keluarga lain yang memiliki perbedaan dalam karakteristik dan lingkungan. Namun, sebagian besar keluarga Muslim memilih untuk meninggalkan makanan yang masih dalam keraguan.

Kata Kunci: Pola komunikasi keluarga, adaptasi interaksi, keluarga Muslim Provinsi
Yala

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I.pdf
Halaman Judul.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
Daftar Pustaka.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dra. Prahastiwi Utari, M.Si., Ph.D
2. Dr. Andre Rahmanto, M.Si
Catatan Umum :
Fakultas : Pascasarjana