Penulis Utama : Tri Isti Palupi
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S841902034
Tahun : 2021
Judul : Aktualisasi Diri dan Nilai Pendidikan Karakter yang Tercermin pada Tokoh Utama dalam Novel-Novel Karya Tere Liye dan Pemanfaatan Hasil Penelitian Sebagai Bahan Ajar Sastra di SMA
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2021
Kolasi :
Sumber : UNS-Pascasarjana-S841902034
Subyek : -
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mendeskripsikan proses aktualisasi diri tokoh utama dalam novel-novel karya Tere Liye, 2) mendeskripsikan nilai pendidikan karakter yang tercermin pada tokoh utama dalam novel-novel karya Tere Liye, dan 3) mendeskripsikan pemanfaatan hasil penelitian sebagai bahan ajar sastra di SMA.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Data penelitian ini yaitu proses aktualisasi diri dan nilai pendidikan karakter yang tercermin dari tokoh utama. Sumber data penelitian ini yaitu novel Hujan dan Daun Yang Jatuh Tidak Pernah Membenci Angin karya Tere Liye serta hasil wawancara informan. Informan terdiri dari siswa kelas XII yaitu Nur Aini dan Anis Muniroh, guru mata pelajaran bahasa Indonesia kelas XII yaitu bapak Nur Suciyanto, dan mahasiswi S2 psikologi profesi yaitu Minnandia Sistiadwi. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis interaktif.
Hasil penelitian disimpulkan bahwa: 1) tokoh Lail dalam novel Hujan berhasil mencapai aktualisasi dirinya dengan cara menjadi perawat dan mengabdikan diri sebagai anggota relawan. Tokoh Tania dalam novel Daun Yang Jatuh Tidak Pernah Membenci Angin mencapai aktualisasi dirinya dengan cara menjadi pegawai termuda di perusahaan terbaik di Asia. 2) nilai pendidikan karakter yang tercermin pada tokoh utama dalam novel-novel karya Tere Liye dapat dikategorikan menjadi tiga: a) pengetahuan moral yang mencakup kesadaran moral, mengetahui nilai moral, penentuan perspektif, logika moral, pengambilan keputusan, dan pengetahuan pribadi. b) perasaan moral yang mencakup hati nurani, empati, mencintai hal baik, dan kendali diri. c) tindakan moral yang mencakup kompetensi, keinginan, dan kebiasaan. 3) pemanfaatan hasil penelitian dijadikan sebagai buku diktat pendamping buku paket. Buku ditulis dengan judul ‘Mengenal Aspek Psikologi dan Nilai Pendidikan Karakter melalui Karya Sastra (Novel).

Kata Kunci: proses aktualisasi diri, nilai pendidikan karakter, bahan ajar sastra

 

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Judul.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
Daftar Pustaka.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Sumarlam, M.S.
2. Dr. Raheni Suhita, M.Hum.
Catatan Umum :
Fakultas : Pascasarjana