Penulis Utama : Lailatul Munawaroh
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K8418050
Tahun : 2022
Judul : Persepsi Remaja Putri Cilacap tentang Pernikahan Dini
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2022
Kolasi :
Sumber :
Subyek : -
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Lailatul Munawaroh. PERSEPSI REMAJA PUTRI CILACAP TENTANG PERNIKAHAN DINI (SEBUAH PERSPEKTIF EMIK DAN ETIK). Skripsi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta. Mei 2022.

            Tujuan penelitian ini adalah untuk memberikan gambaran mengenai persepsi remaja putri di Kabupaten Cilacap terhadap pernikahan dini.

            Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Data-data dikumpulkan melalui wawancara mendalam dengan 15 partisipan. Data yang diperoleh kemudian dibuat dalam bentuk naskah untuk memperoleh gambaran umum tentang objek penelitian. Data hasil wawancara dianalisis menggunakan perspektif emik yang kemudian disandingkan dengan data yang bersifat objektif menggunakan perspektif etik. Kriteria informan dalam penelitian ini adalah (1) remaja putri berusia 15-19 tahun yang ada di Kecamatan Cimanggu, (2) belum pernah menikah atau orang yang bukan terlibat dalam pernikahan, (3) memiliki waktu dan kesanggupan yang cukup untuk memberikan informasi selama proses penelitian, dan (4) mengetahui mengenai pernikahan dini dan pernikahan pada umumnya.

            Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pernikahan dini dimaknai sebagai sesuatu yang negatif oleh remaja putri di Kabupaten Cilacap. Pandangan yang ditemukan yaitu mengenai empat hal. Pertama, kualitas pernikahan yang digambarkan dengan tidak adanya kebahagiaan dalam pernikahan. Kedua, pasangan yang menikah dini memiliki penyelesaian yang buruk ketika dihadapkan dengan masalah rumah tangga. Ketiga, pernikahan dini membuat anak mengorbankan pendidikan dan waktu bermain dengan teman sebaya. Keempat, dalam pernikahan dini terdapat beban peran perempuan yang dianggap berat dalam rumah tangga. Simpulan dalam penelitian ini adalah pernikahan dini dipersepsikan sebagai sesuatu yang negatif dalam masyarakat oleh remaja putri.

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
5. Bab III_Lailatul M.pdf
2. Halaman Cover_Lailatul M.pdf
3. Bab I_Lailatul M.pdf
4. Bab II_Lailatul M.pdf
8. Daftar Pustaka_Lailatul M.pdf
7. Bab V_Lailatul M.pdf
6. Bab IV_Lailatul M.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr.rer.nat Nurhadi, S.Ant., M.Hum.
2. Yosafat Hermawan Trinugara, S.Sos., MA, Ph.D.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP