Penulis Utama : Fabiola Nurul O
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S322008010
Tahun : 2022
Judul : Konstruksi Hubungan Hukum Antara Perusahaan Asuransi, Bank, dan Tertanggung dalam Rangka Pertanggungjawaban Bank Pada Asuransi Unit Link melalui Saluran Pemasaran Bancassurance
Edisi :
Imprint : surakarta - Fak. Hukum - 2022
Kolasi :
Sumber :
Subyek : -
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Penelitian ini memiliki tujuan guna mengkaji mengenai konstruksi hubungan hukum antara perusahaan asuransi, bank, dan tertanggung pada asuransi unit link melalui saluran pemasaran bancassurance saat ini dan juga menganalisis peran bank pada asuransi unit link melalui saluran pemasaran bancassurance yang seharusnya.
Metode penelitian dalam penulisan tesis ini adalah penelitian hukum normatif dengan menggunakan pendekatan perundang-undangan dan pendekatan konseptual. Jenis data dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan melakukan studi kepustakaan. Kemudian teknik analisis data bersifat deduktif dengan metode deduksi.
Hasil penelitian dalam penulisan ini adalah Konstruksi hubungan hukum antara para pihak dalam asuransi unit link yang dipasarkan melalui bancassurance adalah berdasarkan pada perjanjian. Hubungan antara perusahaan asuransi dan bank dengan perjanjian kerja sama, kemudian hubungan antara bank dan nasabah dikenal dengan fiduciary relation yang sudah ada sebelum hubungan antara perusahaan asuransi dan tertanggung (yang juga nasabah bank), serta hubungan antara penanggung, dalam hal ini perusahaan asuransi dan tertanggung (nasabah bank) yang berdasar pada  polis asuransi. Peranan bank saat ini terdapat dalam dalam Surat Edaran Otoritas Jasa Keuangan Nomor 32/SEOJK.05/2016 tentang Saluran Pemasaran Produk Asuransi Melalui Kerja Sama dengan Bank (Bancassurance) dan juga Surat Edaran Otoritas Jasa Keuangan Nomor 33/SEOJK.03/2016 tentang Penerapan Manajemen Risiko Pada Bank yang Melakukan Aktivitas Kerjasama Pemasaran dengan Perusahaan Asuransi (Bancassurance), yaitu sebagai agen yang memasarkan produk asuransi. Bank juga diketahui tidak bertanggung jawab atas produk asuransi tersebut. Hal semacam ini tentu akan sangat riskan bagi perlindungan hukum nasabah yang juga tertanggung. oleh karena itu, sudah seharusnya dibentuk peraturan mengenai pertanggungjawaban bank pada nasabah asuransi unit link agar dapat mewujudkan perlindungan hukum dan kepastian hukum. 

 

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
halaman cover.pdf
BAB I.pdf
DAFTAR PUSTAKA.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Anjar Sri Ciptorukmi Nugraheni, S.H., M.Hum.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Hukum