Penulis Utama : Mahdika Putra Nanda
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S941908009
Tahun : 2021
Judul : Evaluasi Efisiensi Irigasi Guna Mendukung Kinerja Daerah Irigasi (DI) Pacal Kabupaten Bojonegoro Provinsi Jawa Timur
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2021
Kolasi :
Sumber : UNS-Pascasarjana-S941908009
Subyek : -
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Jaringan irigasi Pacal merupakan jaringan irigasi teknis. Daerah Irigasi (DI) Pacal yang diharapkan mampu mengalirkan air dari bendung Pacal sampai petak sawah. Pada kondisi sebenarnya, air irigasi dari hulu tidak bisa sampai maksimal ke hilir. pengukuran secara langsung di lapangan diperlukan untuk mengetahui debit yang mengalir, besaran kehilangan air di saluran dan efisiensinya agar dapat diambil tindakan yang tepat di dalam pengelolaan jaringan irigasi.
Penelitian ini diawali dengan pengukuran lebar dan kedalaman saluran serta kecepatan aliran. Metode yang digunakan adalah pengukuran Inflow-Outflow untuk setiap saluran pengamatan dengan cara mengukur kecepatan aliran saluran dengan menggunakan current-meter Kemudian dihitung debit aliran, kehilangan air di saluran dan efisiensi irigasi juga melakukan analisa kapasitas tambungan saluran irigasi Pacal dengan pemodelan Steady Flow menggunakan software HECRAS.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai efisiensi daerah irigasi Pacal pada saluran primer yaitu 67.98 ?n efisiensi saluran sekunder adalah sebesar 46.63 %. kehilangan rerata yang diakibatkan oleh rembesan yaitu pada saluran primer yaitu 0.0079 m3/detik, sedangkan pada saluran sekunder yaitu 0.002946 m3/detik. Kehilangan rerata di daerah Irigasi Pacal karena evaporasi pada saluran primer yaitu 0.000595 m3/det sedangkan untuk saluran sekunder 0.000198 m3/det.
kehilangan air akibat rembesan dan evaporasi tidak terlalu ada pengaruh yang signifikan terjadi, namun ada pada beberapa titik saluran yang mengalami nilai rembesannya tergolong besar seperti yang terjadi pada saluran primer BP.Ka 4 – BP.Ka 5. Hal ini dipengaruhi oleh kondisi fisik saluran yang telah mengalami kerusakan saluran yang dilalui air, sehingga air dengan mudahnya mengalami rembesan. nilai kehilangan air secara keseluruhan terbesar terjadi akibat adanya faktor lain, seperti bocor pada saluran, bangunan pembagi yang ambrol, penumpukan sedimen pada saluran, adanya upaya penyadapan ilegal oleh warga dengan pompa serta banyaknya tumbuh tanaman liar disepanjang saluran. Perlu dilakukan perbaikan saluran pada titik vital untuk meningkatkan efisiensi saluran irigasi pada jaringan irigasi Pacal. Untuk pemodelan steady flow dengan aplikasi HEC-RAS didapatkan bawa secara keseluruan tampungan saluran mencukupi untuk mengaliri debit yang ada.

Kata Kunci: Jaringan Irigasi, Efisiensi, Kehilangan Air, HEC-RAS

 

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Judul.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
Daftar Pustaka.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr.Ir. RR Rintis Hadiani, M.T.
2. Antonius Suryono, S.H.,S.T., M.MT
Catatan Umum :
Fakultas : Pascasarjana