Penulis Utama : Mona Alfita Febriani
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K3313047
Tahun : 2021
Judul : Korelasi Kemampuan Analisis dan Kemampuan Memori dengan Prestasi Belajar Siswa pada Materi Kesetimbangan Kimia Kelas XI MIPA SMA Negeri 4 Surakarta Tahun Pelajaran 2020/2021
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2021
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. KIP-K3313047
Subyek : -
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Mengetahui adanya korelasi positif antara kemampuan analisis dengan prestasi belajar siswa pada pokok materi Kesetimbangan Kimia. (2) Mengetahui adanya korelasi positif antara kemampuan memori dengan prestasi belajar siswa pada pokok materi Kesetimbangan Kimia. dan (3) Mengetahui adanya korelasi ganda positif antara kedua kemampuan tersebut dengan prestasi belajar siswa pada pokok materi Kesetimbangan Kimia.
Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan : (1) Terdapat korelasi positif yang signifikan antara kemampuan analisis terhadap prestasi belajar siswa dengan indeks korelasi sebesar 0,534. (2) Terdapat korelasi positif yang signifikan antara kemampuan memori terhadap prestasi belajar siswa dengan indeks korelasi sebesar 0,432. (3) Terdapat korelasi positif yang signifikan antara kemampuan analisis dan kemampuan memori secara bersama-sama terhadap prestasi belajar siswa dengan indeks korelasi sebesar 0,590.
Berdasarkan hasil penelitian dan kesimpulan, terdapat beberapa saran yaitu :
(1) Dibutuhkan suatu model, metode, maupun media pembelajaran yang efektif sehingga siswa dapat lebih memahami pokok bahasan “Meramalkan arah reaksi kesetimbangan dan hubungan antara Quotion Reaksi (Qc) dan tetapan kesetimbangan (Kc)” serta pemahaman siswa tentang perbedaan fasa dalam suatu reaksi heterogen. (2) Dibutuhkan suatu model, metode, maupun media pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan analisis dan kemampuan memori siswa sehingga siswa dapat memperoleh hasil yang maksimal pada materi Kesetimbangan Kimia. (3) Diperlukan penelitian lebih lanjut mengenai 65,2% variabel lainnya yang memiliki kontribusi terhadap prestasi belajar siswa pada materi Kesetimbangan Kimia, seperti kemampuan matematik, motivasi belajar siswa, dan sebagainya.
Kata Kunci : Kemampuan Analisis, Kemampuan Memori, Prestasi Belajar

 

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
HALAMAN JUDUL.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
DAFTAR PUSTAKA.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Suryadi Budi Utomo, S.Si., M.Si.
2. Dr. Sri Yamtinah, S.Pd., M.Pd
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP