Penulis Utama : Rianhe Binthariningrum Hanatan
NIM / NIP : K4317052
×


Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui karakteristik media pengembangan MODITIF (Modul Digital Interaktif) berbasis discovery learning pada materi struktur dan fungsi organela sel terhadap minat belajar siswa di SMA Negeri 1 Karanganyar, (2) mengetahui kelayakan media pengembangan MODITIF (Modul Digital Interaktif) berbasis discovery learning pada materi struktur dan fungsi organela sel terhadap minat belajar siswa di SMA Negeri 1 Karanganyar, (3) mengetahui perbedaan minat belajar siswa setelah pengaplikasian MODITIF (Modul Digital Interaktif) berbasis discovery learning pada materi struktur dan fungsi organela sel terhadap minat belajar siswa di SMA Negeri I Karanganyar.

Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan (Research and Developmenf). Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah 4D yang diringkas dan dioptimalkan menjadi 3D meliputi 1) Define, (2) Design, dan (3) Develop. Subjek penelitian dipilih secara purposive sampling yaitu pada kelas XI MIPA 2 berjumlah 35 siswa. Teknik analisis data terdiri dari deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif ^menggunakan analisis Rasch di aplikasi Winstep. Instrumen penelitian meliputi perangkat pembelajaran dan angket. Angket terdiri dari angket minat belajar, analisis kebutuhan siswa, respon siswa terhadap media, validasi penilaian ahli praktisi, validasi penilaian ahli materi, validasi penilaian ahli media dan validasi penilaian ahli pembelajaran. Seluruh angket telah melalui tahap validasi dengan perolehan hasil yaitu layak digunakan dalam penelitian.

Hasil pre-post angket minat belajar dianalisis menggunakan uji stacking. Perbedaan nilai rata-ratapost angket (n = 2,73) dengan pre angket                                                                                                                          (n = 0,00)

menunjukkan terdapat peningkatan minat belajar siswa setelah pengaplikasian MODITIF. Hasil uji validitas dari ahli praktisi (n = 82,94 %), pembelajaran (n = 84, 677 %), media (n = 90, 789 %) dan materi (96, 052 %) tergolong dalam kategori sangat layak. Selain itu validitas dianalisis menggunakan item measure menunjukkan dari 11 soal pernyataan angket, soal nomor 8 tidak memenuhi standar kriteria infit MNSQ, akan tetapi memenuhi standar kriteria outfit MNSQ, outfit ZSTD dan Pt. Meassure Corr sehingga soal dipertahankan. Hasil uji reliabilitas menunjukkan nilai Alpha Cronbach tergolong bagus (n = 0,88), nilai rata-rata person bagus (n = 0,84) dan nilai rata-rata item cukup bagus (n = 0,70). Pengujian person measure menunjukkan siswa nomor 34 cenderung menyetujui keseluruhan pernyataan angket, sedangkan siswa nomor 12 cenderung tidak menyetujui keseluruhan pernyataan angket. Pengujian item measure menunjukkan item nomor 4 paling sukar disetujui siswa, sedangkan item nomor 8 paling mudah disetujui siswa.

Kata Kunci : Media Pembelajaran, Modul Interaktif, MODITIF, 4D, Rasch

 

×
Penulis Utama : Rianhe Binthariningrum Hanatan
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K4317052
Tahun : 2021
Judul : Pengembangan MODITIF (Modul Digital Interaktif) Berbasis Discovery Learning Pada Materi Struktur dan Fungsi Organela Sel Terhadap Minat Belajar Siswa
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2021
Program Studi : S-1 Pendidikan Biologi
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. KIP-K4317052
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Ir. Endang Yuniastuti, M.Si.
2. Dr. Baskoro Adi Prayitno, S.Pd., M.Pd.
Penguji : 1. Dr. Sri Widoretno, M.Si.
2. Dewi Puspitasari, s.Pd., M.Sc.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.