Penulis Utama : Baeti Nurrokhmah
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7111029
Tahun : 2018
Judul : Penerapan Model Kooperatif Tipe Group Investigation dengan Media Benda Konkret dalam Peningkatan Pembelajaran Matematika tentang Bangun Ruang di Kelas IV SDN Ampih Tahun Ajaran 2014/2015
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2018
Kolasi :
Sumber :
Subyek : -
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Abstrak: 
Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan langkah penerapan model kooperatif tipe Group Investigation dengan media benda konkret dalam peningkatan pembelajaran matematika tentang bangun ruang, (2) meningkatkan pembelajaran matematika tentang bangun ruang melalui penerapan model kooperatif tipe Group Investigation dengan media benda konkret, dan (3) mendeskripsikan kendala dan solusi penerapan model kooperatif tipe Group Investigation dengan media benda konkret dalam peningkatan pembelajaran Matematika tentang bangun ruang di kelas IV SDN Ampih Tahun Ajaran 2014/2015.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas kolaboratif. Penelitian dilaksanakan dalam tiga siklus, setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini berjumlah 24 siswa. Data berasal dari siswa, guru, dan dokumen. Teknik pengumpulan data adalah tes, observasi, dan wawancara. Validitas data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Analisis data dilakukan melalui teknik analisis kualitatif, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation dengan media benda konkret dilaksanakan dengan langkah-langkah: (a) penyampaian topik, (b) pembentukan kelompok, (c) identifikasi topik pembelajaran, (d) perencanaan kerja sama, (e) pelaksanaan investigasi, (f) presentasi hasil investigasi dan (g) evaluasi; (2) penerapan model kooperatif tipe Group Investigation dengan media benda konkret dapat meningkatkan pembelajaran matematika tentang bangun ruang di kelas IV tahun ajaran 2014/2015. Peningkatan pembelajaran matematika tentang bangun ruang dari 66,67% pada siklus I menjadi 83,34% pada siklus II, dan meningkat lagi menjadi 91,67 % pada siklus III; (3) kendala dalam penelitian ini adalah pelaksanaan investigasi dan diskusi berjalan kurang efektif dan kurangnya percaya diri siswa pada saat melakukan presentasi. Solusi yang dilakukan yaitu siswa diberi arahan dan batasan waktu yang jelas pada saat melakukan investigasi, dan siswa diberi motivasi agar percaya diri dan dibiasakan untuk melakukan presentasi dengan cara guru menciptakan pembelajaran inovatif lainnya khususnya pembelajaran kooperatif  yang dapat membiasakan siswa untuk melakukan presentasi.
Simpulan penelitian ini adalah penerapan model kooperatif tipe Group Investigation dengan media benda konkret dapat meningkatkan pembelajaran Matematika tentang bangun ruang di kelas IV SDN Ampih Tahun Ajaran 2014/2015.

Kata kunci: Group Investigation, Benda Konkret, Bangun Ruang

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I.pdf
BAB II .pdf
BAB III.pdf
BAB IV .pdf
BAB V.pdf
DAFTAR PUSTAKA.pdf
LAMPIRAN.pdf
Halaman Cover.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Joharman, M.Pd.
2. Moh. Salimi, M.Pd.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP