Penulis Utama : Ilham Zufita Nimatul Fadhilah
NIM / NIP : E3117061
×

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan, mengkaji, dan mengetahui, pertama hambatan-hambatan yang ditemukan dalam pelaksanaan pelayanan Online berbasis WhatsApp di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Karanganyar. Kedua, optimalisasi pelayanan online berbasis WhatsApp di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Karanganyar sehingga dapat meningkatkan cakupan kepemilikan dokumen kependudukan di Kabupaten Karanganyar.
Penelitian ini merupakan penelitian empiris dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara, dan dokumentasi. Narasumber penelitian ditentukan dengan menggunakan teknik purposive sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah metode analisis deskriptif yang dibagi menjadi beberapa tahapan, yaitu reduksi data (data reduction), penyajian data (data display), serta penarikan simpulan dan verifikasi (conclusion drawing and verification).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam pelaksanaan pelayanan Online berbasis WhatsApp ditemui beberapa hambatan. Hambatan-hambatan yang ditemui meliputi sosialisasi terkait pelayanan online berbasis WhatsApp belum dilakukan, ketidakpastian waktu penyelesaian pelayanan, ketidaksesuaian standar operasional prosedur (SOP) dan WhatsApp, serta belum adanya standar operasional prosedur (SOP) pada beberapa jenis pelayanan. Dalam rangka mengatasi hambatan tersebut perlu adanya upaya pengoptimalan dalam pelayanan online berbasis WhatsApp. Upaya yang dapat dilakukan oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Karanganyar adalah menyelenggarakan sosialisasi secara massif, mendistribusikan sumber daya manusia secara proporsional dan meningkatkan kualitas sumber daya manusia, memperbaiki dan melengkapi standar operasional prosedur (SOP) dalam pelayanan online berbasis whatsapp, evaluasi kinerja dalam pelayanan online berbasis WhatsApp, serta memberikan alternatif pencetakan dokumen kependudukan secara mandiri.

Kata Kunci : Pelayanan Online Berbasis WhatsApp, Optimalisasi, Administrasi Kependudukan, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Karanganyar.

 

×
Penulis Utama : Ilham Zufita Nimatul Fadhilah
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : E3117061
Tahun : 2021
Judul : Optimalisasi Pelayanan Online Berbasis Whatsapp Dalam Rangka Peningkatan Cakupan Kepemilikan Dokumen Kependudukan (Studi Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Karanganyar)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Sekolah Vokasi - 2021
Program Studi : -
Kolasi :
Sumber : UNS-Sekolah Vokasi-E3117061
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D IV)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Subekti, S.H., M.H.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Vokasi
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.