Penulis Utama : Lin Wahyuni
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7117130
Tahun : 2021
Judul : Analisis Gaya Belajar Siswa dan Pola Asuh Orang Tua dalam Meraih Prestasi Belajar Siswa Kelas VB SD Negeri 4 Kutosari Kebumen Tahun Ajaran 2020/2021
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2021
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. KIP-K7117130
Subyek : -
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Tujuan penelitian yaitu: (1) menganalisis gaya belajar siswa dalam meraih prestasi belajar siswa kelas VB SD Negeri 4 Kutosari Tahun Ajaran 2020/2021; (2) menganalisis pola asuh orang tua dalam meraih prestasi belajar siswa kelas VB SD Negeri 4 Kutosari Tahun Ajaran 2020/2021. Penelitian ini menggunakan metode analisis data dilakukan dengan analisis deskriptif kualitatif. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan teknik angket, wawancara dan studi dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VB SD Negeri 4 Kutosari yang berjumlah 26 siswa dengan perincian sepuluh  siswa perempuan dan 16 siswa laki-laki.
Hasil penelitian menunjukkan: (1) dalam meraih prestasi belajar yang baik kecenderungan gaya belajar yang diterapkan 26 siswa kelas VB yaitu 16 siswa berkecenderungan gaya belajar auditori, lima siswa berkecenderungan gaya belajar visual dan lima siswa dengan kecenderungan gaya belajar kinestetik. Siswa dengan gaya belajar visual memiliki kecenderungan memiliki cara bicara yang cepat, rapi dan teratur, teliti, dan lebih mudah mengingat apa yang dilihat daripada yang didengar. Siswa dengan gaya belajar auditori memiliki kecenderungan menggunakan indra pendengar (telinga) dalam proses penyerapan informasi. Sedangkan siswa yang memiliki gaya belajar kinestetik memiliki kecenderungan menyukai informasi dari gerak fisik. Secara keseluruhan, siswa sudah mencerimkan semua indikator dari masing-masing gaya belajarnya. Dalam meraih prestasi belajar gaya belajar yang baik yaitu gaya belajar yang sesuai dengan kemudahan setiap siswa dalam menyerap suatu informasi; (2) tipe pengasuhan yang dibiasakan oleh orang tua dari 26 siswa kelas VB yaitu 16 orang tua menerapkan pola asuh demokratis dan sepuluh orang tua siswa menggunakan tipe pengasuhan otoriter. Siswa dengan orang tua tipe demokratis memiliki prestasi belajar yang tinggi. Hal tersebut dikarenakan orang tua tipe demokratis bersikap hangat dan suportif, serta selalu memberikan kesempatan bagi anak untuk berpendapat. Dari keseluruhan, orang tua sudah memenuhi  indikator dari setiap pola asuh yang diterapkan. Pola pengasuhan yang baik dalam meraih prestasi belajar di kelas VB ini adalah pola asuh demokratis.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah prestasi belajar yang tinggi kelas VB dimiliki oleh siswa-siswa dengan gaya belajar auditori, kemudian visual dan yang terakhir kinestetik. Dua pola asuh yang diterapkan oleh orang tua siswa yang menjadi fokus penelitian yaitu pola asuh demokratis dan pola asuh otoriter. Pola asuh orang tua berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa. Siswa dengan prestasi belajar tinggi dan sedang mempunyai orang tua tipe demokratis. Siswa dengan pola asuh otoriter mempunyai prestasi belajar yang rendah.

Kata Kunci: gaya belajar, pola asuh orang tua, prestasi belajar

 

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Judul.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
Daftar Pustaka.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Suhartono, M.Pd.
2. Dr. Kartika Chrysti Suryandari, M. Si.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP