Penulis Utama : Fadhillah Rahmadhani Wahyunintya
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7717027
Tahun : 2021
Judul : Pengaruh Model Siklus Belajar 5E Berbantu Media Powtoon Terhadap Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Pembelajaran Produktif Akuntansi di SMK
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2021
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. KIP-K7717027
Subyek : -
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh model siklus belajar 5E berbantu media powtoon terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa pada pembelajaran produktif akuntansi di SMK.
Penelitian ini merupakan penelitian quasi experiment dengan nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas XI Akuntansi Keuangan dan Lembaga di SMK Negeri 9 Semarang. Sampel diambil dengan teknik purposive sampling sebanyak 71 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan observasi. Analisis data yang digunakan adalah uji-t.
Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan kemampuan berpikir kritis siswa yang signifikan. Hal ini dibuktikan melalui perolehan independent sample t- test dimana thitung 3,436 dengan tingkat signifikansi sebesar 0,001. Disamping itu rata-rata kemampuan berpikir kritis siswa pada kelas eksperimen sebelum dan sesudah perlakuan meningkat sebesar 16 poin, dari 62 menjadi 78. Dengan demikian dapat disimpulkan model siklus belajar 5E berbantu media powtoon berpengaruh terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa pada pembelajaran produktif akuntansi di SMK.


Kata kunci: model siklus belajar 5E, media powtoon, kemampuan berpikir kritis.

 

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Judul.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
Daftar Pustaka.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Siswandari, M.Stats.
2. Nurhasan Hamidi, SE., M.Sc., Ak, CA.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP