Penulis Utama : Anjas Asmara Subekti
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : A121908005
Tahun : 2022
Judul : Model Latihan Strategi Serangan Olahraga Futsal (Studi Pengembangan Pada Akademi Futsal Surakarta)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Keolahragaan - 2022
Kolasi :
Sumber :
Subyek : -
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

ABSTRAK

Pengembangan pelatihan futsal merupakan salah satu cara untuk meningkatkan kemampuan dan bakat pemain futsal. Pengemabngan pelatihan futsal dapat dilaksanakan dengan satu rangkaian cara yakni tahap analisis kebutuhan (studi pendahuluan), tahap pengembangan produk, tahap uji coba produk, dan tahap melakukan uji efektifitas terhadap produk hasil pengembangan. Teknik pengumpulan data menggunkan teknik wawancara,angket, tes dan observasi. Rangkaian tahapan penelitian disusun untuk (1) mengetahui hasil pelaksanaan uji coba skala kecil dari penerapan produk model latihan pada akademi futsal di Surakarta, (2) mengetahui hasil pelaksanaan uji coba skala besar dari penerapan produk model latihan pada akademi futsal di Surakarta, (3) mengetahui signifikansi perbedaan ketrampilan dan kemampuan strategi serangan peserta akademi futsal di Surakarta dengan melihat skor pre test dan post test kelompok kontrol dan kelompok uji coba.

Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan. Langkah penggembangan melaui empat tahap yaitu studi pendahuluan tahap pengembangan strategi serangan futsal yang dilakukan dengan studi pustaka dan survey lapangan, tahap selanjutnya penyusunan draft produk yang selanjutnya dilaksanakan  expert judgement. Tahap uji coba produk dilaksanakan dua kali yakni uji coba skala kecil dan uji coba skala besar. Tahap terakhir dalam penelitian ini adalah uji efektivitas produk untuk mengetahui efektivitas dari model strategi yang disusun.

Hasil dari penelitian ini menunjukan (1) hasil pelaksaan uji coba skala kecil, (2) hasil pelaksanaan uji coba skala besar, dan (3) bagaimana signifikansi perbedaan perbedaan ketrampilan dan kemampuanserangan dengan melihat skor pre test dan post test kelompok kontrol dan kelompok uji. Hasil evaluasi ahli futsal untuk data kuantitatif berupa hasil persentase yaitu 83,48%. Uji coba kelompok kecil dilaksanakan menggunakan 30 subjek. Hasil persentase dari uji kelompok kecil sebesar 78,23%. Uji coba kelompok besar dilaksanakan menggunakan 50 subjek. Hasil persentase dari uji kelompok besar sebesar 82,59%. Hasil uji efektivitas menunjukan ada perbedaan pengaruh yang dignifikan antara metode latihan strategi serangan dan metode latihan konvensonal dalam peningkatan kemampuan serangan pemain futsal.

Simpulan terakhir produk dinyatakan terbukti efektif meningkatkan strategi serangan.

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
DAFTAR PUSTAKA.pdf
BAB V.pdf
BAB IV.pdf
BAB III.pdf
BAB II.pdf
BAB I.pdf
HALAMAN COVER.pdf
LAMPIRAN.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Muchsin Doewes, dr., SU, AIFO, MARS
2. Dr. Hanik Liskustyawati, M. Kes
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Keolahragaan