Penulis Utama : Muhammad Zuhri
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D0216064
Tahun : 2021
Judul : Pola Komunikasi, Identitas Kelompok dan Groupthink (Studi Tentang Pola Komunikasi dalam Pembentukan Identitas Kelompok dan Groupthink di Kalangan Suporter Sepak Bola Pasoepati Surakarta Tahun 2020
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. ISIP - 2021
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. ISIP-D0216064
Subyek : -
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Suporter sepak bola selalu identik dengan fanatisme buta, yang berakibat ke aksi kekerasan dan kerusuhan. Namun, di kota Solo terdapat satu kelompok suporter bernama Pasoepati yang mampu menunjukan eksistensi mereka, serta kreativitas dalam mendukung tim PERSIS Solo. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pola komunikasi, terbentuknya identitas kelompok dan terbentuknya groupthink dalam kelompok suporter Pasoepati, serta keterkaitan antara pola komunikasi dalam kelompok Pasoepati dengan terbentuknya identitas kelompok dan groupthink Pasoepati.
Teori yang digunakan adalah teori identitas kelompok Horowitz, bahwa identitas kelompok terbentuk melalui budaya, bahasa, kepercayaan dan teori groupthink Irving L. Janis, penilaian berlebihan terhadap kelompok akan mengalami groupthink. Penelitian ini dilakukan pada Februari-Maret 2021 dengan metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus dengan teknik penentuan narasumber purposive. Sedangkan teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawaancara, observasi dan dokumentasi.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa, identitas kelompok Pasoepati terbentuk karena adanya kesamaan bahasa yakni, bahasa jawa, sifat santun dari budaya  kedaerahan  Solo.  Gejala  groupthink  yang  terjadi  dalam  kelompok Paseoapti karena adanya superioritas kelompok, stereotype terhadap kelompok luar dan adanya sensor diri dalam pengambilan keputusan kelompok suporter Pasoepati.
Saran   dari   penelitian   ini   adalah   agar   kelompk   suporter   Pasoepati senantiasa merawat keakraban, meningkatkan kreativitas dalam mendukung tim Persis Solo.

Kata Kunci: Pola Komunikasi, Identitas Kelompok, Groupthink, Pasoepati

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Judul.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
Daftar Pustaka.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Hamid Arifin, M.Si.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP