Penulis Utama : Esty Aprisona
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : I0117043
Tahun : 2021
Judul : Kajian Kuat Lekat dan Kapasitas Penjangkaran Tulangan pada Beton Bubuk Reaktif Dengan Variasi Komposisi Silica Fume
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Teknik - 2021
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Teknik-I0117043
Subyek : -
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang semakin pesat memberikan dampak bagi produktivitas industri konstruksi dan pembangunan berkelanjutan di Indonesia. Penelitian terus dilakukan untuk mendapatkan beton dengan kualitas yang baik sehingga dikembangkan beton bubuk reaktif. Penggunaan beton bubuk reaktif dalam struktur beton bertulang diharapkan memberikan alternatif yang lebih baik dibanding dengan beton normal.
Beton bubuk reaktif adalah salah satu jenis beton baru yang memiliki mutu ultra tinggi yang dikembangkan melalui perbaikan teknik mikrostruktur pada material dengan menggunakan campuran bubuk yang sangat halus seperti silica fume dan pasir kuarsa. Benda uji yang digunakan dalam penelitian ini adalah silinder berukuran 150x300 mm berumur 28 hari dan baja ulir berdiameter 10 mm. Variasi komposisi silica fume yang digunakan yaitu 0%, 5%, 10%, 15%, 20?n 25?ri berat semen. Penelitian ini untuk mengetahui besar nilai kuat lekat beton dan panjang penyaluran pada beton bubuk reaktif.
Pada penelitian ini, kuat lekat beton mengalami kenaikan seiring dengan bertambahnya kadar variasi silica fume, pada kadar tertentu nilai kuat lekat beton mengalami penurunan. Kuat lekat optimum pada beton bubuk reaktif terjadi pada penambahan kadar variasi silica fume 15?ngan nilai kuat lekat rata-rata sebesar
4,55 MPa. Hal ini disebabkan karena ada tambahan lekatan oleh tubermorit yang dihasilkan oleh reaksi kapur bebas dan silica fume.

Kata Kunci : beton bubuk reaktif, kuat lekat, kapasitas penjangkaran, silica fume

 

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Judul.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
Daftar Pustaka.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Wibowo, S.T., DEA.
2. Dr. Achmad Basuki, S.T., M.T.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Teknik