Penulis Utama : Vienda Ayu Rosyanti
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : I8218028
Tahun : 2021
Judul : Evaluasi Kinerja Simpang Empat Tak Bersinyal Jalan Yos Sudarso - Jalan Dr. Radjiman Kota Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - Sekolah Vokasi - 2021
Kolasi :
Sumber : UNS-Sekolah Vokasi-I8218028
Subyek : -
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Simpang empat tak bersinyal Jalan Yos Sudarso – Jalan Dr. Radjiman Kota Surakarta Provinsi Jawa Tengah Merupakan simpang penghubung akse menuju pusat perekonomian, perdagangan dan wisata Kota Surakarta. Tingginya volume lalu lintas, banyaknya pedagang kaki lima, pejalan kaki serta terdapat on street parking menyebabkan kemacetan pada simpang tersebut. Maka dengan kondisi tersebut seharusnya dilakukan perbaikan pada simpang dengan tujuan untuk mengetahui kierja simpang sehingga dapat merencenakan desain perbaikan disertakan rencana anggaran biaya dan time schedule agar meningkatkan kenyamanan dan keamanan pengguna jalan.
Pengamatan yang dilakukan pada simpang empat tak bersinyal ini bertujuan untuk melakukan penelitian kondisi jalan dengan menggunakan metode surevi dan observasi dengan menggunakan prosedur yang ada di MKJI 1997. Data dalam pengamatan ini berdasarkan data primer yaitu data yang diambi; secara langsung di lapangan meliputi data geometric dan arus kendaraan. Selanjutnya dilakukan evaluasi kinerja simpang tak bersinyal dengan metode analisa komponen beserta Rencana Anggaran Biaya. Sehingga pelayanan ruas jalan tersebut meningkat dan dapat digunakan dengan baik oleh pengguna jalan.
Dari hasil pengamatan diperoleh nilai derajat kejenuhan 1, 199 yang melebihi syarat ketentuan simpang tak bersinyal MKJI 1997. Oleh karena itu direncanakan alternatif 1 yaitu penggunaan lampu lalu lintas dengan hasil simulasi yang didapat DS Timur 0,80, Utara 0,80 dan Selatan 0,80. Kemudian dari seluruh pekerjaan diperoleh total biaya yang diperlukan dalam usaha perbaikan pada simpang empat tak bersinyal Jalan Yos Sudarso – Jalan Dr. Radjiman Kota Surakarta Provinsi Jawa Tengah tahun 2021 adalah Rp. 483.959.000,00.

Kata  kunci : MKJI 1997, Simpang Tak Bersinyal, RAB

 

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Judul.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
BAB VI.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Amirotul Musthofiah HM, S.T., M.Sc.
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Vokasi